Galang Hendra, Cah 19 Tahun Ngayogyakarta Di Pentas Balap Dunia, WSSP300 To WSS600 ?

BeritaBalap.com-Sepak-terjang rider kebanggaan Indonesia, Galang Hendra Pratama pastinya menarik diikuti dan dicermati. Terlebih karena bertarung di level balap internasional. Terlebih lagi dalam sajian kompetisi balap skala dunia, WorldSSP300 (WSSP300) yang menjadi satu rangakaian dalam superbike (WSBK 2018).

Aktual, cah Yogyakarta Hadiningrat yang berdomisili di Pajangan, Bantul ini dapat finish ke-5 di WSSP300 Imola, Italia, Minggu kemarin (13 Mei). Terbukti spesial karena diraih ditengah perubahan regulasi WSSP300 yang terus berlangsung karena perbedaan perfoma antara Yamaha YZF-R3 dan pesaingnya yang punya kapasitas mesin lebih gede, yaitu Ninja 400 dan KTM RC390.

Galang Hendra, pembalap kebanggaan Indonesia di hajatan WSSP300

Yang pasti, Galang Hendra terbaik diantara 4 petarung lain yang tergabung dalam program Yamaha Motor Eropa, disebut bLU cRU challenge. Lebih lanjut, hadir pertanyaan kritis, apakah Galang Hendra dapat diproyeksikan ke balap supersport dunia (WSS600) yang notabene memiliki strata yang lebih tinggi ?

koizumi

Ini terbukti dilakukan terhadap racer WSSP300 asal Italia (2017), Coppola yang saat ini (2018) bersaing di WSS600 dengan bendera tim GRT World Yamaha World SSP Junior.  Lebih lanjut (lagi), hadir pertanyaan, siapa yang sebetulnya memiliki otoritas untuk karir profesional Galang Hendra kedepannya, apakah YMC Jepang, Yamaha Motor Eropa atau Yamaha Indonesia ?

“Tidak menutup kemungkinan Galang Hendra ke WSS600. Segala sesuatu bisa terjadi. Terpenting, bagaimana prestasi di tahun ini, “tegas M Abidin, General Manager After Sales Motosports PT. Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) saat press-conference beberapa waktu lalu di Sentul sebelum keberangkatan Galang Hendra ke Eropa.

“Soal planning Galang Hendra kedepan, pastinya ada koordinasi dan sinergi antara Yamaha Motor Eropa, Yamaha Indonesia dan YMC Jepang. Galang Hendra ini sudah menjadi aset Yamaha secara global. Posisinya sebagai bagian dalam program bLU cRU memiliki agenda yang jelas dan realistis. Namun hal terpenting adalah prestasi yang dicapai. Itu yang akan menjadi pertimbangan utama, “tambah M Abidin.

Catatan penting lainnya, bahwa Galang Hendra yang musim 2017 lalu meraih podium juara WSSP300 Jerez adalah  satu-satunya road racer Indonesia yang memiliki nilai. Yang sudah dapat alias punya poin di klasemen sementara WSSP300. Adapun seri lanjutan WSSP300 akan dihelat Minggu depan (26-27 Mei) di trek Donington Park, Inggris. BB1 

 

Facebook Comments

You May Also Like