Marquez Sebut Swingarm Karbon Tidak Ngaruh di Le Mans, Kembali ke Alumunium ?

BeritaBalap.com-Juara dunia MotoGP 2017 yang juga pemimpin klasemen sementara MotoGP 2018, Marc Marquez melakukan ujicoba pada swingarm alias lengan ayun berbahan karbon dan alumunium. Dalam hal ini di sesi latihan bebas dan kualifikasi MotoGP 2018 Le Mans (18-19 Mei).

Maksudnya, dilakukan perbandingan untuk kemudian dievaluasi dan diputuskan saat race nanti. Ternyata menurut pebalap tim Repsol Honda tersebut, bahwa swingarm karbon tidak berpengaruh di Le Mans. Layout tikungan yang menjadi sebab-musababnya. Material karbon diklaim lebih terasa pada tikungan tajam seperti Jerez.

“Berdasarkan data, saya tidak merasakan perbedaan besar dengan penggunaan swingarm karbon, tetapi mungkin di trek lain seperti Jerez dengan kecepatan yang lebih tinggi, saya merasakan perbedaan lebih banyak, “tutur Marquez yang ada di grid ke-2 hasil kualifikasi 2 (Q2). Itu berjarak 0,108 detik dari Johann Zarco (Tech3 Yamaha) di deretan teratas.

koizumi

“Kalau di Le Mans sangat penting untuk mengelola ban dan semua hal ini dilakukan dengan cara yang berbeda. Akhir pekan ini, saya cepat dengan swingarm aluminium. Kami masih perlu memutuskan mana yang akan kami gunakan nanti, “tambah Marquez yang diperkirakan pula menggunakan fairing anyar pacuan Honda RC213V.

Namun memang Marquez sempat terjauh saat latihan bebas ke-4 (FP4) hingga mematahkan fairing. Pada bagian lain,  bahwa mengacu data memang banyak terjadi insiden di lintasan Le Mans. Diperkirakan terjadi 60 kali crash yang telah direkam untuk semua kelas yang tersaji (MotoGP, Moto2 dan Moto3). Konteks inipun ditanggapi Marquez.   

“Selama akhir pekan ini, kami telah melihat banyak insiden. Saya pikir alasan utamanya adalah kami memiliki banyak traksi ban dan kemudian setiap pembalap berupaya untuk menekan laju motor lebih banyak, tetapi ketika ban sudah ringan itu akan menjadi sangat agresif karena cengkeraman ada disana. Ini adalah alasan utamanya dan kami harus berhati-hati dengan itu, ”tukas Marquez. BB1 

Facebook Comments

You May Also Like