Galang Hendra Pembuka Jalan, Tidak Sebatas Asia, Menuju Balap Dunia !

BeritaBalap.com-Pebalap muda asal Yogyakarta, Galang Hendra Pratama diklaim menjadi pembuka jalan baru. Maksudnya, jalan apa ya ? Bahwa ada jalan atau tahapan yang realistis bagi rider muda dan potensial binaan Yamaha Indonesia. Tidak hanya sebatas pentas nasional. Tidak juga sebatas Asia (ARRC).

Ada harapan baru menuju kompetisi dunia, yaitu WorldSSP300 (WSSP300). Silahkan berprestasi signifikan di level nasional, kemudian Asia Road Racing Championship (ARRC) kelas AP250 dahulu. Tentu saja, prestasi dan usia yang menjadi parameter atau alat ukur untuk sampai kesana. Lebih muda, maka lebih potensial. Itu hukum wajib dan mutlaknya !

Terbukti nyata, musim balap 2018 ini Galang Hendra menjadi bagian dalam program bLU cRU Challenge yang dihadirkan Yamaha Motor Eropa (YME) dan punya agenda kedepan menuju WSS600 ataupun WSBK (superbike). Jangan lupa, peserta bLU cRU Challenge (2017), yaitu Coppola diproyeksikan 2018 ini di persaingan WSS600. Itu bukti rangsangannya.

“Balap WSSP300 adalah langkah yang realistis. Galang Hendra sudah memulainya dan ini akan menjadi stimulus bagi pebalap muda lainnya, “terang M Abidin, General Manager After Sales & Motor Sports PT. Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) saat berdiskusi dengan penulis.

Galang Hendra, aset tanah air di pentas balap dunia

Patut dipahami, sampai dengan putaran WSSP300 Imola, Galang Hendra yang berusia 19 tahun terbukti pula lebih baik dari 4 petarung bLU cRU lainnya. Dalam hal ini, skuad bLU cRU Challenge diisi Dennis Koopman (Belanda), Hugo de Cancellis (Perancis), Joep Overbeeke (Belanda) dan Luca Bernardi (Italia).

Galang yang mengusung tim Biblion Yamaha Motox Racing dapat finish ke-5 dan memperoleh 11 poin dalam WSSP300 Imola, Italia, dua minggu lalu (13 Mei). “Kedepan, saya ingin dapat bertarung di balap WSS600. Tapi itu tergantung hasil tahun ini. Semoga saja terwujud. Semua demi Merah Putih Semakin Di Depan, “tukas Galang Hendra saat bertemu penulis di seri ke-2 Yamaha Sunday Race Sentul sebelum berangkat menuju Italia.

Patut dipahami lagi, hanya 2 saja petarung yang membesut Yamaha YZF-R3 dalam posisi 15 besar klasemen sementara WSSP300. Salah satunya Galang Hendra yang pastinya menjadi kebanggaan tanah air. Fakta di klasemen atas memang lebih banyak dihuni racer yang membesut Ninja 400 ataupun KTM RC390 yang notabene punya kapasitas mesin jauh lebih gede. Formula aturan teknis pembatasan RPM dan bobot terus dikaji ulang dalam setiap putaran. BB1

 

Facebook Comments

You May Also Like