Wow…Manajernya Rookie Moto2 Joan Mir Akui Dilirik Honda, Ducati & Suzuki, Pilih Mana ?

BeritaBalap.com-Rookie atau pendatang baru balap Moto2, Joan Mir ternyata menarik minat beberapa tim pabrikan. Tidak hanya Repsol Honda yang diisukan tertarik, juga Ducati dan Suzuki. Wow… Pembalap asal Spanyol yang masih berusia 20 tahun ini (lahir 1 September 1997) diproyeksikan untuk langsung menuju level MotoGP (2019).

Demikian yang diutarakan langsung oleh Paco Sanchez sebagai manajernya. “Joan ingin pindah ke MotoGP dengan tim yang bagus, motor yang baik juga. Ini adalah tujuannya. Kita harus segera menutup kesepakatan. Memang ini tidak mudah karena ada beberapa nama besar yang masih dimainkan seperti Jorge, Dani, Andrea dan memang hanya beberapa motor yang bagus, “terang Paco Sanchez dalam rangkaian balap Moto2 di Le Mans Perancis, Minggu lalu (20 Mei).

Makin menjadi dayatarik, karena Joan Mir dapat meraih podium ke-3 di belakang Francesco Bagnaia (SKY VR46 Racing Team) dan rekan setimnya di EG 0,0 Marc VDS, Alex Marquez. Ini podium untuk pertama kalinya. Sebetulnya, Joan Mir yang juga juara dunia Moto3 (2017) memiliki kontrak multi tahun dengan Marc VDS. Namun ada klausul yang memungkinkan dia pindah ke strata MotoGP jika mendapat tawaran tim pabrikan.

Jadi harus pasukan pabrikan ya aturannya. Bukan tim satelit. “Satu-satunya yang bisa saya katakan adalah Honda, Ducati, dan Suzuki benar-benar tertarik padanya. Dia berada di daftar teratas dari ketiga pabrik ini. Kami berharap untuk menyelesaikan kesepakatan ini secepat mungkin, “ucap Paco Sanchez.

“Ada banyak pilihan, tetapi sampai kontrak belum ditandatangani, maka itu belum berakhir dan seperti yang saya katakan ada banyak nama besar yang masih dalam permainan ini, “tambah Sanchez yang menyebut bahwa musim depan adalah saat tepat Joan ke MotoGP karena Moto2 tahun 2019 berganti mesin Triumph dan ditegaskannya bahwa kita tidak tahu mana sasis yang terbaik. Kan masih penjajakan di tahun pertama.

Anyway, faktanya memang Honda, Ducati dan Suzuki masih menyisakan satu kursi lagi yang belum dipastikan. Sebetulnya Aprilia juga masih kosong untuk satu rider lagi (baru Aleix Espargaro yang perpanjang kontrak) namun memang tidak disebut manajernya Joan Mir tersebut. BB1

Facebook Comments

You May Also Like