Hybrid Synergi Drive (HSD), Ini Jawaban Logis Toyota di Era Mobil Listrik

BeritaBalap.com-Ditengah maraknya bahasan mobil listrik di Indonesia, berbagai ATPM sudah mulai merilis type mobil
listriknya meski masih dalam taraf Hybrid Electric Vehicle (HEV) belum yang murni mobil listrik atau Electric Vehicle (EV).

Toyota yang sejati sudah jauh lebih dulu di tahun 2007 meluncurkan Prius sebagai ujung tombaknya di HEV pun tak mau ketinggalan tentunya di tahun ini sudah banyak jajaran produknya yang dijejali mesin hybrid atau kolaborasi mesin bensin dan mesin listrik.

“Kalau mau langsung mobil listrik atau EV kendalanya adalah di Indonesia secara infrastruktur belum mewadahi, disamping kebiasaan pemakai mobil di Indonesia sering memakai mobil sebagai kendaraan jarak jauh, untuk itu type Hybrid Electric Vehicle jelas yang paling cocok disini, “buka Riski Permana selaku Marketing Planning & Customer Relation Department Head Nasmoco ATPM Toyota wilayah Jateng-DIY di sela-sela event media gathering hybrid Toyota.

koizumi

Digelar bergantian di Semarang, Solo, dan Yogyakarta tanggal 11 hingga 15 Juli 2022 kemarin, Nasmoco sajikan konsep yang berbeda dalam pengenalan jajaran mobil hybrid-nya yang diantaranya Toyota Corolla Altis, All New Corolla Cross, All New Camry, Alphard, dan tentunya CHR.

“Kali ini target kami memang untuk merefresh jika Toyota sudah lama punya mobil hybrid dengan sajian edukasi tentang isu mobil listrik dengan berbagai teknologi yang diandalkan Toyota, “imbuh Riski Permana.

Hybrid Synergi Drive atau HSD adalah teknologi andalan dari Toyota diranah mobil elektrik yang lagi ramai dibincangkan saat ini. “Karena sistem hybrid dari mobil itu ada 3, yakni sistem seri, sistem paralel, dan sistem seri-paralel, yang terakhir ini yang dipakai Toyota dan baru hybrid Toyota saja yang memakai sistem seri-paralel, “yakin Riski Permana.

HSD yang memakai sistem seri-paralel ini diklaim paling powerful jika dibandingkan dengan 2 sistem lainnya. HSD ini memiliki Power Split Device dimana teknologi ini berfungsi sebagai otak dari sistem hybrid dimana mesin bensin dengan generator atau mesin listrik bisa bekerja bergantian dan juga bersamaan, sehingga jaminan powerful dari performa mesin didapat dari sistem ini.

Selain powerful mesin hybrid Toyota juga diklaim lebih efisien 62% dibandingkan dengan mesin konvensional atau mesin berbahan bakar fosil saja. Informasi terakhir yang tak kalah penting adalah HSD selain memastikan mobil lebih
sering memakai mode elektrik, HSD Toyota juga sudah memiliki pilihan mode berkendara EV atau full Electric Vehicle !

Facebook Comments

You May Also Like