Ini Beda YMC, Yamaha Factory Racing (YFR) dan Yamaha Motor Racing (YMR)


BeritaBalap.com-Ini penting diketahui, biar tidak salah persepsi ataupun sok tahu alias sok paham. Demikian sehubungan perbedaan dari Yamaha Motor Company (YMC), kemudian Yamaha Factory Racing (YFR) dan Yamaha Motor Racing. Jadi ini pencerahannya.

BACA (JUGA) : Tim MotoGP, Moto2 Dan Moto3 Dapat Duit Sumbangan Dari Dorna, Berapa ?

Dalam hal ini, dijelaskan oleh orang yang kompeten, yaitu William Favero selaku Kepala Pemasaran & Komunikasi di Yamaha Motor Racing (YMR) yang dilansir dari media asal Austria, SpeedWeek.com. Ikutin penjelasannya berikut ini :


YMC – Yamaha Motor Company
Ini adalah perusahaan induk, pusatnya perusahaan. Markas besarnya berlokasi di Iwata, Jepang. Membawahi semua cabang Yamaha dari berbagai benua (Misal Yamaha Motor Eropa, Yamaha Motor AS, Yamaha Motor Australia, dll.). Juga membawahi semua disiplin olahraga yang didukung pabrikan. Di YMC, juga ada juga departemen penelitian dan pengembangan dalam balap. Paham ya !

BACA (JUGA) : Kondisi Darurat Covid-19, Rossi Tidak Setuju MotoGP 19 Seri, Terus Berapa ?

Nah, balap MotoGP itu terintegrasi ke dalam departemen pengembangan motorsport. Dia seperti “ibu” dari proyek MotoGP. Semua teknisi yang terlibat dalam proyek GP adalah bagian dari grup MotoGP. Ito-San dan Sumi-San bertanggung jawab atas departemen ini dan dananya langsung dari YMC.

YFR – Yamaha Factory Racing
Ini adalah grup Yamaha yang bertanggung jawab untuk semua disiplin ilmu dan menerima dukungan teknis dari YMC. Departemen ini dapat dianggap setara dengan HRC di Honda, meskipun kalau HRC itu adalah perusahaan yang terpisah. Namun, YFR tidak. Ada beberapa sub-departemen dalam YFR, satu untuk MotoGP, satu untuk seri MX (Motokros), kemudian satu untuk kelas SBK dan satu untuk balapan 8 jam Suzuka. Mungkin ada balap lainnya lagi.

BACA (JUGA) : Bos Ducati Kritik Dorna, Tidak Perlu Ngotot MotoGP Digelar 19 Seri, Terus Berapa ?

Masing-masing departemen ini bertanggung jawab untuk area yang berbeda yang selalu terhubung secara teknis dan ekonomis. Meskipun semua kegiatan YFR didukung oleh YMC, mereka dikelola oleh perusahaan lain. MotoGP dikelola oleh YMR, kemudian MX dan SBK dikelola oleh YME (Yamaha Motor Eropa) dan MotoAmerica dan SX (Superkros) dikelola oleh YMUS (Yamaha Motor USA) dan balap Suzuka 8 jam, Superbike Jepang dan ARRC  dikelola oleh YMC.

YMR – Yamaha Motor Racing
Pada dasarnya adalah perusahaan yang dikelola oleh Lin Jarvis. Tetapi Presidennya adalah Ito-San yang juga General Manager Divisi Pengembangan Olahraga. YMR bertanggung jawab atas semua aspek proyek MotoGP, kecuali untuk penelitian dan pengembangan. Itu berarti mereka menjaga manajemen tim, logistik, administrasi, pemasaran dan komunikasi.

Anggaran ditetapkan dan dialokasikan secara langsung oleh YMC. Pada sisi lain, YMR tidak memiliki departemen penelitian dan pengembangan sendiri, tetapi sekelompok teknisi dari kelompok MotoGP bekerja di fasilitas mereka dimana mereka berkomunikasi secara langsung.  YMR berbasis di Italia, lebih tepatnya di Gerno, Lesmo. Truk-truk MotoGP kembali kesana setelah setiap akhir pekan balapan. YMR memobilisasi 9 trailer untuk masing-masing seri MotoGP. BB1

 

Facebook Comments

You May Also Like