Ini Peraturan Resmi Soal Usia Minimal Pembalap MotoGP, Moto2 dan Moto3

BeritaBalap.com-Komisi Grand Prix yang terdiri dari Carmelo Ezpeleta (Dorna, Presiden), Paul Duparc (FIM), Hervé Poncharal (IRTA), Lin Jarvis (Yamaha-MSMA) dan Paolo Ciabatti (Ducati-MSMA) mengeluarkan keputusan penting. Ini soal batasan umur untuk menjalani balap Moto3, Moto2 ataupun MotoGP.

BACA (JUGA) : Casey Stoner Curhat Masalah Kelelahan Fisik Kronis Hingga 5 Bulan Tiduran Di Sofa

Adalah minimal umur 16 tahun untuk level Moto3. Seperti pernah diungkapkan sebelumnya, bahwa Moto3 menjadi perhatian serius seiring tingginya agka crash yang terjadi, termasuk yang meninggal dunia.

koizumi

Berikut Perturan Baru Sehubungan Usia Minimal : Bahwa komisi balap meratifikasi perubahan yang diumumkan sebelumnya mengenai usia minimum untuk berpartisipasi dalam race. Lisensi untuk pembalap hanya dikeluarkan ketika usia minimum telah tercapai sebagai berikut :
– Moto3 : 16 tahun (18 tahun pada 2023)
– Moto2 : 16 tahun (18 tahun pada 2023)
– MotoGP : 18 tahun

Kemudian, dalam kategori Moto3, pengecualian berlaku untuk pemenang Kejuaraan Dunia FIM Junior Moto3 atau Rookies Red Bull MotoGP Roookies Cup untuk berpartisipasi dalam kategori Moto3 dari Grand Prix Kejuaraan Dunia FIM sebagai pembalap tituler (penerima gelar), wildcard atau rider pengganti, meskipun itu belum mencapai usia minimum kategori (namun, usia minimum 15 tahun diperlukan pada 2022, 16 tahun 2023, kemudian 17 tahun 2024 akan berlaku).

BACA (JUGA) : Vinales Akui Punya Bakat Tapi Belum Ada Motor Yang Cocok Dengannya

Untuk memastikan transisi yang mulus, pengecualian akan diberikan kepada pembalap yang memulai Kejuaraan Dunia Moto3 tahun 2022 pada usia 16 tahun, sehingga mereka dapat melanjutkan di Kejuaraan Dunia Moto3 musim 2023.
Untuk pembalap pengganti atau wild card Moto2 dan Moto3 pada tahun 2022, usia minimum adalah 17 tahun. BB1

Facebook Comments

You May Also Like