Ini Perbedaan Spek Motor Superbike (WSBK) & Superstok (STK 1000) !

Beritabalap.com – Bukan portal berita balap paling lengkap kalau tidak memberikan edukasi atau pengetahuan. Itulak kepedulian beritabalap.com. Berikut adalah perbedaan pacuan balap Superbike (WSBK) dan Superstock 1000 (STK 1000). Jadi sama-sama 1000 cc tetapi ada perbedaan. Yang pasti pula, WSBK itu bukan motor standar pabrik.

Ini ada penjelasan menarik dari Andrew Pitt selaku Crew Chief alias kepala kru tim Kawasaki Puccetti Racing. Mereka bertarung di WSBK ataupun STK 1000. Pastinya dengan Kawasaki ZX-10RR.

“Pertama-tama, anda lihat bagian sasis. Kami memiliki lengan-ayun standar pada STK 1000, sedang untuk WSBK adalah diganti dengan Kalex. Kamu juga melihat garpu sok Showa, sedang material orisinil pada STK 1000, “terang Andrew Pitt. Lebih lanjut Andrew Pitt yang juga mantan pebalap ini berbicara perbedaan seputar mesin dan perangkat pendukungnya.

koizumi
ANDREW PITT. Kepala Kru tim Kawasaki Puccetti Racing

“Untuk perfoma mesin dan kecepatan tertinggi memang tidak banyak perbedaan. Anda melihat bahwa motor STK 1000 dari showroom pada dasarnya adalah superbike. Namun memang tenaga mesin pada WSBK lebih mudah diatur dan sedikit lebih halus karena perangkat elektronik yang dipakai, di STK 1000 tidak terjadi demikian. Jadi elektronik memainkan peran besar dalam kinerja mesin WSBK, “ucap Andrew Pitt.

“Sehubungan pengereman mesin (engine-brakes), kontrol traksi dan kontrol kemudi (wheelie-control), maka yang ada di STK 1000 dengan sistem yang lebih primitif. Kalau di WSBK, maka Kawasaki menggunakan sisten dari Magneti Marelli, ini adalah sistem yang dirancang untuk membuat ban bertahan lebih lama, juga membuat waktu putaran yang sama dalam kurun waktu yang lama pula, “tambah Andrew Pitt. BB1

Facebook Comments

You May Also Like