Ini Profil 6 Rookie Balap Moto3 Tahun Depan, Apakah Ada Pembalap Dari Indonesia ?

BeritaBalap.com-Moto3 musim depan (2023) akan ditambah oleh 6 rookie atau pendatang baru. Pertanyaannya, apakah ada pembalap asal Indonesia ? Ternyata tidak ada. By the way, Mario Suryo Aji adalah rookie Moto3 tahun 2022 ini. Tahun depan sudah masuk musim ke-2.

Siapa saja ke-6 rookie Moto3 2023 tersebut ? Mulai David Alonso, kemudian pembalap Malaysia Syarifuddin Azman, Philip Farioli, Jose Antonio Rueda, David Slvador dan Collin Veiher. Berikut adalah profil singkatnya.

David Alonso :

koizumi

Usianya masih 16 tahun dan siap bergabung di tim GasGas Aspar (2023). David Alonso ini lahir dan besar di Spanyol walaupun ibunya berkewarganegaraan Kolombia. Perjalanan karirnya meraih juara CEV RMU 85GP. Kemudian dalam 2 tahun kemudian menjadi jawara European Talent Cup dan juara Rookie Cup 2021.

Tahun ini di posisi ke-7 dalam klasemen akhir JuniorGP yang sebelumnya memiliki nama CEV Moto3. Kenapa David Alonso bisa balap Moto3 di usia 16 tahun selama ini dengan status wildcard di Misano 2 (2021) dan Portimao (2022) ? Jawabnya, karena memang pernah meraih jawara Rookies Cup.

Syarifuddin Azman :

Usianya 21 tahun dan berasal dari Puchong Malaysia. Doi akan membela tim MT Helmets MSI. Dia akan menjadi rookie 2023 tertua. Sejak 2019 memang konsen di balap Eropa (European Talent Cup). Musim 2022 ini berada di peringkat ke-4 dalam klasemen akhir FIM JuniorGP dengan bendera tim SIC Racing. Juga ke-9 dalam klasemen akhir Rookie Cup.

Tahun 2022 ini pernah menjalani 4 kali balapan Moto3, baik debagai rider pengganti ataupun wild card. Itu di Portimao, Jerez, Catalunya dan Sepang.

Philip Farioli :

Philip Farioli berasal dari Italia, tepatnya di Bergamo. Usianya masih 17 tahun dan akan bergabung dengan tim Tech3 KTM. Philip Farioli yang sempat menekuni balap motocross adalah posisi ke-3 dalam klasemen akhir FIM JuniorGP bersama tim Aspar. Juga pernah terakhir mengikuti balap Moto3 sebagai wild card di seri final Valencia.

Jose Antonio Rueda :

Nah, kalau ini adalah juara umum FIM JuniorGP ataupun Rookie Cup tahun 2022 in. Umurnya masih 17 tahun dan berasal dari Sevilla Spanyol.  Siap bergabung bersama tim Red Bull KTM Ajo. Rueda punya pembalap favorit Casey Stoner dan Jorge Lorenzo. Makanya doi pakai nomor start #99.

David Salvador :

David Salvador adalah runner-up atau urutan ke-2 FIM JuniorGP tahun 2022 ini. Dia akan bergabung dengan tim CIP-Green Power. Doi berasal dari Madrid Spanyol, usianya 19 tahun. Pembalap MotoGP yang dikagumi dan menjadi inspirasinya adaha VR46, Marc Marquez dan Jorge lorenzo.

Collin Veijer :

Collin Veijer adalah fans berat Fabio Quartararo. Dia akan bergabung dengan tim IntactGP yang membesut pacuan Husqvarna. Pembalap asal Belanda usia 17 tahun ini adalah peringkat ke-6 dalam klasemen akhir FIM JuniorGP dan peringkat ke-2 KTM Rookies Cup.

Bicara karir balap, pada awalnya Collin Veijer dibesarkan dalam kompetisi Italia (CIV) mulai kategori Minibike, MiniGP 50, PreMoto3 dan Moto3. Kemudian sejak 2019 masuk ke Spanyol mengikuti CEV Moto3/FIM JuniorGP.

 

Facebook Comments

You May Also Like