Ini Rahasia Korekan Yamaha R15 Penguasa Sentul, Klasemen Teratas Kejurnas Sport 150

Dua kali podium juara dan dua kali pula podium runner-up menjadikan pacuan Yamaha YZF-R15 ini penguasa Kejurnas Sport 150 cc yang tersaji dalam gelaran IRS 2017 Sentul. Adalah rider Richard Taroreh yang mengibarkan bendera Yamaha Yamalube Jasti Putra NHK FDR 549 Kaboci dan dikawal mekanik Achos Lalang yang mendominasi kategori tersebut.

Tim ini dipunggawai Subhan Al Ghazali sebagai pemilik tim. “Sementara ini, tenaga mesin pada 29,9 HP. Itu kita ukur di dyono-testnya Cream-pie Jogjakarta. Limiter RPM, saya buat 13.500 dan selamaini tidak ada masalah, “terang Achos Lalang, mekanik asal Papua yang tergolong moncer di kompetisi balap Pulau Jawa.

Mengacu pada data, maka Richard Taroreh yang juga berasal dari Papua namun lama menetap di Jogjakarta punya best-time 1 menit 49 detik. Terbukti spesial saat melaju di berbagai cornering high-speed. Pada tikungan cepat, berani dengan RPM diatas 10-11.000. Alhasil, tenaga puncaknya memang berlaku spesial dibanding para rival.

koizumi
RICHARD TAROREH (KANAN). Bersama mekanik Achos Lalang

“Saya bisa mengukur motor lawan. Biasanya saya main aman dahulu, jika memang saatnya, misal 2 lap terakhir, baru saya hajar, Om. terutama di ujung trek lurus pasti saya menang, “tukas Richard Taroreh yang juga moncer di Kejurnas Motorprx 2017 region Jawa kelas MP1 (150 cc) dan MP2 (125 cc). Bicara camsahft, pastinya fokus pada RPM atas. Tidak bisa tidak dan tidak bisa ditawar.

“Durasi saya buat 273 derajat dimana buka-tutupnya pada angka 55 dan 28 derajat. Kuncinya di RPM 12000 ke atas, “tambah Achos Lalang yang mematok AFR pada kisaran 12,1 hingga 12,8. Pastinya hal ini disesuaikan dengan suhu udara dan tingkat kelembaban. BB1

SPESIFIKASI :

Piston               : SND Racing (57 mm)

Klep                  : SND Racing (23 dan 20 mm)

LIFT KLEP      : 8,5 mm

ECU                  : aRacer

KNALPOT       : SND Racing

FINAL GEAR  : 16-48 (Sentul Besar)

Facebook Comments

You May Also Like