Ini Spek Mesin Sonic 150 Alvaro Yang 2 Kali Podium Jawara MotoPrix Mijen, Mekaniknya Om Gombal

BeritaBalap.com-Mantap sekali Alvaro Hetta Mahendra (Honda Bethar) di Kejurnas MotoPrix 2022 region Jawa di Sirkuit Mijen Semarang, Minggu kemarin (15 Mei). Sukses memborong dua kali podium juara dalam kelas ECU Std (MP4) yang aturan mainnya berusia 12 Tahun kebawah. Poin sempurna (50) diraih putera dari mantan pembalap nasional Heri Barjo.

Yang menarik, ternyata orang alias mekanik yang memback-upnya adalah Mr. Gombal yang punya nama asli Afisena Hura. Ini tuner lawas yang berupaya untuk comeback. Doi juga pernah mengawal banyak tim dan menghantar beberapa pembalap meriah juara nasional. Di era tahun 2010-2015 an.

“Jadi motor ini diriset khusus Om Gombal. Dia yang banyak riset dan kerjakan, “tukas Syukra Bethar selaku penasehat teknis Honda Bethar.

koizumi

“Hasil Dyno Sonic 150R ini sekitar 21 HP (Horse Power) dengan torsi 17 Nm. Kalau durasi camshaftnya bermain dia angka 250 derajat. Jadi memang tidak ekstrim sesuai dengan pengetatan ruang bakar, “timpal Om Gombal yang sehari-hari berada di markas Honda Bethar di Berbah Sleman Yogyakarta.

Kiri-Kanan : Syukra Bethar, Om Gombal (t-shirt hitam), Alvaro (Jersey Biru) dan Heri Barjo (ayahanda Alvaro-pakai tas slempang)

Sekilas informasi saja, RPM tertinggi dari Sonic 150R bermain di angka sekira 10.200 hingga 10.300. Sesuai aturan memang wajib dengan ECU Standar, termasuk perangkat Throtle Body yang wajib berdiameter 30 mm.

“Untuk kinerja Lift klep diupgrade sedikit sekitar 8 mm. Tujuan untuk meningkatkan top speed. Kalau rasionya custom, diramu ulang sesuai kebutuhan di trek, “tambah Om Gombal yang mematok perbandingan final gear di angka 14-38 untuk lintasan Mijen Semarang.  Bb1

 

Facebook Comments

You May Also Like