Jangan Lupa ! Hanya Doni Tata Saja Yang Bisa Raih Poin Moto2 (Sejak 2010)

BeritaBalap.com-Mungkin banyak yang belum mengerti ataupun belum paham, bahwa sampai saat berita ini ditulis (28 Juli) dan mengacu pada data yang ada di media MotoGP.com, bahwa hanya ada 1 pembalap Indonesia yang bisa meraih poin dalam balap Moto2.

Siapa dia ? Adalah pembalap asal Yogyakarta, Doni Tata Pradita di musim 2013 saat membela tim Federal Oil Gresini Racing. Poin (1) diraih saat putaran Phillip Island Australia dengan finish ke-15. Saat itu, podium juaranya diraih Pol Espargaro.

Sekilas informasi saja kalau bicara petarung Asia Tenggara, maka Ratthapark Wilairot (Thailand) yang pertama merebut poin Moto2 di tahun 2011 dengan pacuan FTR. Itu hasil dari finish ke-11 di Jerez, Spanyol. Di awal-awal memang rider Malaysia belum menonjol.

koizumi

Oh ya, Doni Tata pernah juga balapan GP250 bersama Yamaha Indonesia tetapi konteks bahasannya saat ini adalah Moto2 yang dimulai tahun 2010 menggantikan GP250. Paham ya, ini topiknya Moto2 yang awalnya keran “mesin” dibuka kemudian menggunakan mesin CBR600RR (2009-2018). Lanjut ganti Triumph 765 sejak 2019.

Hasil akhirnya Doni Tata, ada di posisi ke-29 dengan pundi nilai yang sama dengan peringkat ke-28 milik Hafizh Syahrin. Selebihnya memang banyak racer tanah air yang sudah tampil sebagai wild-card ataupun full-series di kompetisi Moto2 tetapi tidak dapat ataupun belum juga meraih poin.

Diantaranya ada nama Rafid Topan, Dimas Ekky Pratama, Gerry Salim dan Andi Farid Izdihar. Tahun 2019 lalu Dimas Ekky bermain full-series, sedangkan musim 2020 ini dilakoni Andi Farid Izdihar, keduanya adalah binaan Astra Honda Racing Team. Semoga ada yang bisa menyusul Doni Tata ya untuk dapat merenggut poin. Sudah lama kita puasanya ! BB1 (Ket FOTO : Federal Oil)

DATA Klasemen Sementara Moto2 Tahun 2013 :

Facebook Comments

You May Also Like