Jangan Salah ya ! Motor Listrik (MotoE) Tenaganya 160 HP & Top Speed 270 km/jam, Tetapi…

BeritaBalap.com-Mungkin banyak yang belum mengerti atau belum paham, bahwa balap Motor Listrik, populer disebut MotoE dipastikan tetap menarik dicermati. Apa sebab ? Karena tenaga dsari motor Energica (sama untuk semua peserta) menyentuh hiungga 160 HP dengan top speed mencapai 270 km/jam.

Sekilas informasi saja, Moto2 saat era Honda CBR600 RR bermain dalam rentang tenaga 120-130 HP (Horse Power), sedangkan era Triumph 765 untuk Moto2 musim 2019 mencapai 140 HP. Itu sedikit gambarannya. Sampai disini, jangan salah persepsi ya !

Angka Horse Power (HP) tersebut diatas bukan penentu kecepatan puncak. Terlebih MotoE digerakkan dengan sistem listrik (batere) yang pastinya dengan akselerasi lebih lambat. Apalagi Moto2 disupport ECU Magnet Marelli yang sama dengan MotoGP

Lebih lanjut, problem yang sedang dicermati penyelenggara, bahwa kekuatan baterai untuk balap MotoE untuk masing-masing tim harus kuat. Diprediksi balapan akan berlangsung dalam waktu 15 menit. Konteks ini yang menjadi fokus utama penyelenggara dan tidak akan membuat batere dengan kapasita yang sama. Terpenting sudah ada warning sehubungan lamanya race. Tinggal tim yang menyiapkan batere terbaik.

“Yang pasti, kami ingin mereka memiliki kekuatan penuh dari lap pertama hingga terakhir, siapapun pembalapnya. Mereka tidak akan menggunakan baterai yang sama, tetapi kami ingin memastikan bahwa jarak balapan cukup pendek sehingga tidak ada yang mengalami masalah pada baterai. Kami hanya memiliki dua pembalap tes, jadi kami memiliki jarak balapan dalam pikiran berdasarkan pengendara ‘terburuk’, yang berarti yang paling banyak menggunakan energi, “terang Nicolas Goubert, direktur eksekutif FIM MotoE.

“Dalam hal waktu putaran dengan kategori lain, hasil terbaik yang kami temukan dalam pengujian pribadi, sejauh ini di Austria yang merupakan sirkuit berkecepatan tinggi. Setelah pengujian 45 menit, Loris Capirossi membuat waktu 0,5 detik dari catatan lap Moto3. Jadi saya pikir pembalap MotoE akan berada pada kecepatan yang sama dengan Moto3 disana, “tambah Nicolas Goubert. BB1

Facebook Comments