Jelang MotoGP 2018 Barcelona : Aspal Baru, Apa Pilihan Ban ? Ini Desain Anyar Trek !

BeritaBalap.com-Seri ke-7 MotoGP 2018 akan berlangsung di Barcelona, Spanyol, akhir pekan ini (15-17 Juni). Titel eventnya ialah GRAN PREMI MONSTER ENERGY DE CATALUNYA. Menjadi menarik karena menu anyar trek sepanjang 4,627 km yang notabene baru diubah.

Tepatnya pada tikungan 11 yang notabene mirip bentuk huruf S. Handycap ini didesain sesuai masukan rider dan pihak terkait hingga lintasan lebih safety. Lebih jelasnya untuk lay-out terbaru sirkuit ada di bawah tulisan ini ya. Sekilas informasi saja, bahwa podium MotoGP 2017 Barcelona dimenangkan oleh Dovizioso, kemudian Marquez dan Pedrosa.

Pada bagian lain, permukaan aspal lintasan Barcelona juga baru. Kalau yang ini anyar secara keseluruhan, bukan sepotong-sepotong. Jadi jangan heran jika catatan waktunya meningkat signifikan. Jauh lebih singkat. Mengingat traksi ban akan lebih optimal pada aspal anyar. Itu logika sederhananya.

Sebelumnya, tim MotoGP sudah melakukan pengujian privat di Barcelona. Yaitu setelah seri Le Mans, Perancis. Namun memang tidak semua tim ambil bagian. Pihak Ban Michelin pastinya sudah memiliki data. Apa saja opsi bannya ? Untuk tipe slick akan ada yang lunak, sedang dan keras.

Dalam konteks ini, kompon sisi kanan akan dibuat lebih keras karena memang tikungannya lebih banyak ke kanan (8). Untuk tipe basah, cukup soft dan medium. Buat ban, semuanya depan dengan konstruksi simetrik dan belakangnya asimetrik.

Pilihan ban untuk MotoGP Barcelona

“Tes terakhir yang kami lakukan di sana memberi rencana yang jelas, ini yang telah memungkinkan kami untuk membuat keputusan ban apa yang perlu kami bawa untuk mengatasi permukaan aspal dan layout yang baru. Sebelumnya adalah tes yang sangat positif dan para pembalap memberikan umpan balik yang baik, yang memungkinkan kami untuk memilih senyawa spesifik yang secara ideal cocok dengan aspal baru. Kami berharap  dapat memainkan peran besar dalam penyediaan ban yang optimal bagi pembalap hingga memberi mereka kinerja terbaik, “ujar Piero Taramasso, Manajer Michelin Motorsport untuk Roda Dua. BB1 (Ket FOTO : MotoGP)

Baca (Juga) : Jadual Lengkap MotoGP, Moto2 & Moto3 Barcelona

 

Facebook Comments

You May Also Like