Jelang MotoGP 2018 Jerez : Aspal Baru, Tantangan Pilihan Ban !

BeritaBalap.com-Menjadi tantangan tersendiri bagi Michelin sebagai pemasok ban MotoGP 2018. Ini menyangkut pilihan ban yang tepat dipakai para pembalap dalam seri ke-4 MotoGP 2018 di lintasan Jerez, Spanyol, pekan ini (6 Mei). Terlebih sehubungan permukaan lintasan Sirkuit Jerez yang baru diaspal ulang.

Terlebih pula, Michelin diklaim belum memiliki data akurat. Hanya berdasarkan informasi yang sebelumnya melakukan pengujian. termasuk dalam hal ini tim Repsol Honda.

“Setelah tiga balapan yang menantang dan tiga kali tes pramusim, saat ini siap kembali ke Eropa. Namun tugas kedepan tidak kalah sulit. Kami tidak memiliki data tentang bagaimana perfoma ban disana, namun kami telah mengumpulkan informasi dari tes yang telah dilakukan disana, “ujar Bos Michelin, Piero Taramasso.

koizumi

“Kami akan membawa ban yang kami percaya akan cocok untuk permukaan aspal yang baru dan memberikan semua pembalap kesempatan terbaik untuk membuat pilihan optimal sesuai dengan gaya balap dan motor mereka, “tambah Piero Taramasso.

Data Jerez (2017)

Sesuai aturan, maka rider akan memiliki 3 pilihan (lembut, medium dan keras). Namun, sementara ban depan akan berbentuk asimetris, maka yang belakang akan asimetris dengan sisi kanan yang lebih keras. Ini dikarenakan ada 8 tikungan ke kanan pada trek Jerez yang memiliki panjang 4,4 km.

Sedangkan ke kirinya hanya 5 tikungan. Termasuk jika terjadi hujan, maka berlaku hal yang sama dimana akan ada kompon lunak dan medium. Sekilas informasi saja, pemenang MotoGP 2017 Jerz ialah Pedrosa, Marquez, Lorenzo, kemudian Zarco dan Dovizioso. BB1

Facebook Comments

You May Also Like