Jorge Raphael Gading, Pembuktian Jawara OP4 Dengan ECU Std, RPM 10500 ! No Remapping !

BeritaBalap.com-Pembalap cilik potensial asal Semarang yang masih berusia 12 tahun, Jorge Raphael Gading sukses meraih podium juara dalam race ke-2 kelas OP4 (ECU Std) gelaran Kejurnas OnePrix 2021 di Sirkuit Sentul, Bogor, Minggu (20 September).

Sebetulnya di race awal (1), pembalap asal Semarang berbendera Astra Motor Racing Team Yogyakarta (ART Jogja) ini sudah berada di depan memimpin jalannya balapan, namun sayangnya mengalami crash karena trek yang licin diguyur hujan.

Oh ya, Jorge Raphael Gading ini adalah rookie atau pendatang baru di Kejurnas OnePrix 2021. Juga belum begitu mengenal trek Sentul Kecil, Bogor. Tapi kasih tunjuk prestasi spesial.


Jorge Raphael Gading, jawara kelas ECU Std (OP4) dalam seri perdana Kejurnas OnePrix 2021 Sentul

Nah, yang menarik, pacuan Honda Sonic 150R yang digarap Mlethiz MBKW2 murni dengan kinerja ECU Std. Demikian untuk menjawa “ribut-ribut” beberapa waktu lalu soal kinerja ECU yang diremapping (grafik pengapian dan limiter RPM) dan ini dilarang keras.

“Ini saya berani buktikan kalau RPM tertingginya Sonic 150R Jorge Raphael ini limiternya 10.500, “ujar Mlethiz MBKW2 selaku mekanik tim ART Jogja sambil menujukkan langsung kepada penulis.

Tentu saja, ada trik yang dilakukan untuk mensiasatinya. Secara logika pastinya rasio dan hitungan perbandingan final-gear yang karakternya dibuat lebih berat. Alhasil, pencapaian limiter tidak terjadi.

Namun memang butuh pembalap yang optimal dalam menggantung RPM karena hitungan berat rasio tersebut. Utamanya dalam momen masuk dan keluar tikungan. Jorge Raphael Gading yang digembleng dalam sekolah balap milik Sudarmono (Mons54 Racing School) punya kemampuan rolling speed ini.

“Saya set-up ulang untuk semua hitungan rasionya, Mas. Juga perbandingan final gear, “tambah Mlethiz MBKW2 yang siap memberikan perlawanan di kategori seeded dan pemula untuk seri ke-2 Kejurnas OnePrix 2021 nanti. BB1 (Ket Foto LEAD (Paling Atas) : Chandra ART Jogja)

VIDEO Profil Jorge Raphael Gading :

Facebook Comments

You May Also Like