Journalist Test Drive All New Veloz-Nasmoco Jateng DIY : Makin Responsif Saat Digeber Dengan Penggerak Depan & Transmisi CVT

BeritaBalap.com-Sebuah kebanggaan tentunya bagi portal BeritaBalap saat mendapat undangan terbatas untuk
menggeber All New Veloz yang 10 November 2021 lalu barusan di-launching di ajang GIIAS Jakarta. Kali ini Rabu 24 November kemarin Nasmoco selaku ATPM Toyota wilayah Jateng DIY menghelat event re-launching yang disisipi agenda Journalist Test Drive dengan tagline Driving Experience All New Veloz di resto Rama Shinta komplek candi Prambanan Jateng.

Dalam kesempatan ini Berita Balap mendapatkan rute Solo-Prambanan PP dari 2 rute yang dimana yang satunya adalah rute Semarang-Prambanan PP. Sepintas sebelum gass poll pedal gass dari segi tampilan eksterior memang All New Veloz sudah sangat berbeda dengan pendahulunya dimana yang terbaru ini lebih sporty.

Kali ini All New Veloz yang disediakan oleh Nasmoco adalah type Q CVT TSS yang merupakan type tertinggi dari All New Veloz. Sebelum menyampaikan testimoni BeritaBalap akan jelaskan sepintas dulu jika di varian terbarunya baik
All New Veloz maupun All New Avanza untuk varian matic-nya sudah di update dengan transmisi matic CVT.


Meski demikian bagi yang demen memainkan torsi maksimal ada pilihan "manual" pada CVT di All New Veloz type tertinggi ini. Jadi tuas perseneling saat mentok ke belakang tinggal geser lagi ke kanan, maka nanti jika ingin naikan gigi tinggal didorong maju dan didorong ke belakang untuk menurunkan gigi.

Untuk fitur manual pada matic atau bahasa kerennya triptonic ini di All New Veloz ada 7 percepatan! Wow..! Triptonic 7 speed ini sangat terasa sensasinya saat digeber di jalan tol dimana dalam mode eco kecepatan bisa mencapai 120 km/jam dengan cepat.

Ini selain didukung dengan transmisi CVT tadi juga tarikan responsif dan cepat ini dikarenakan pada All New Veloz memakai penggerak roda depan atau Front Wheel Drive (FWD). Jelas lah ini sebuah loncatan yang benar-benar baru dari LMVP Toyota. Tak hanya di All New Veloz, pada All New Avanza pun juga memakai FWD. Hanya saja untuk All New Avanza varian mesinnya ada yang memakai 1NR-VE berkubikasi 1.329 dalam 4 silinder.

Bagi pecinta speed akselerasi boleh nih dicoba baik All New Veloz maupun All New Avanza di ajang balap lurus kelas Bracket Time karena transmisi CVT-nya sudah dilengkapi triptonic meski belum ada paddle Shift dibawah stir-nya seperti Toyota All New Yaris.

Ki-Ka, Dadi Hendriadi (Area II GM TAM), Anton Jimmi Suwandy (Marketing Director TAM), Hartono Dinata (Marketing Director Nasmoco Group)

Hanya saja ada catatan sedikit untuk yang gemar bermanuver, karena All New Veloz maupun All New Avanza ada fitur Toyota Safety Sense (TSS) di tiap type tertingginya, ada yang perlu untuk diketahui fitur TSS ini salah satunya adalah Lane Departure Assist dimana selain ada bip suara pengingat saat mobil melewati marka jalan, jika mobil bermanuver
tanpa menyalakan signlamp maka stir kemudi akan terkoreksi otomatis sehingga ada kesan driver
dikendalikan oleh mobilnya.

“Ini adalah fitur yang biasa ada di mobil seharga 1 milyar rupiah keatas yang kami coba aplikasikan pada mobil seharga 300 juta kebawah, memang perlu adaptasi atau pengenalan terlebih dahulu akan teknologi ini, demi keamanan maka saat bermanuver perlu refleks jari kanan menggerakkan tuas signlamp agar sistem Lane Departure Assist pada stir kemudi tidak melawan arah yang driver inginkan, “jelas Anton Jimmi Suwandy selaku Marketing Director Toyota Astra Motor.

Penasaran coba? Gassken aja ke Nasmoco terdekat di kota anda gaess… Pasti ada unit test drive-nya… tim

 

 

Facebook Comments

You May Also Like