Juara Dunia WSBK Jonathan Rea Frustasi Hasil Podium ke-3 Suzuka 8 Hours

BeritaBalap.com-Mungkin banyak rider yang senang jika dapat finish ke-3 dalam balap ketahanan Suzuka 8 Hours, Minggu lalu (29 Juli). Sudah jadi kebanggaan dalam kompetisi legendaris yang notabene sudah masuk di tahun ke-41 dalam penyelenggaraan. Namun berbeda dengan apa yang dirasakan Jonathan Rea yang mengaku sangat kecewa atau frustasi dengan hasil tersebut.

Maklum saja, saat sesi kualifikasi, Jonathan Rea berada di posisi terdepan dengan torehan waktu 2 menit 05,168 detik. Bahkan memecahkan rekor Pol Espargaro di tahun 2015 (2 menit 06.00). Oh ya, bagi yang belum paham, timnya Jonathan Rea, yaitu Kawasaki Team Green finish ke-3 di belakang Yamaha Factory Racing Team dan Red Bull Honda with Japan Post.

Padahal mereka berambisi meraih podium terbaik yang dicapai terakhir Kawasaki pada tahun 1993. Dalam jalannya balapan, Rea yang juga juara dunia superbike (WSBK 2015-2017) mendapat perlawanan sengit dari Alex Lowes (Yamaha Factory Racing) hingga kerap berganti posisi terdepan. Namun sebelum masuk paddock, ia membuat kesalahan. Jonathan Rea meluncur ke pinggir sirkuit, seperti kehabisan bahan bakar. Ini yang kemudian membuat Kawasaki bergeser ke posisi ke-3 di belakang Yamaha Factory dan Red Bull Honda.

koizumi

Lanjut kemudian saat safety car masuk sirkuit karena ada tumpahan minyak, Rea kembali membuat kesalahan. “Saya tidak berlebihan saat di belakang safety car, saya juga tidak terlalu miring ketika roda belakang tergelincir. Insiden itu sayangnya tidak bisa dicegah. Setidaknya saya tidak menyakiti diri saya sendiri dan saya bisa membawa motor kembali ke pit. Masalah ini datang pada saat yang salah, “beber Jonathan Rea.

“Mungkin kurangnya pengalaman saya juga penting. Saya seharusnya hanya percaya pada naluri saya dan harus datang ke pit karena  permintaan tim untuk mengganti ban. Saat ini masih sulit, tapi besok kami akan senang tentang tempat ketiga, “tambah jonathan Rea. Anyway, Jonathan Rea akui kesalahannya dan memuji dua rekannya, Leon Haslam dan Watanabe yang bersih alias tidak membuat kesalahan.

“Selamat untuk Yamaha dan Honda, mereka melakukan pekerjaan dengan baik, dimana kami tidak cukup berhasil. Tetapi kami telah membuktikan bahwa kami cukup cepat untuk menang. Saya ingin berterima kasih kepada rekan setim saya, Leon Haslam dan Kazuma Watanabe. Mereka tidak membuat kesalahan dalam kondisi yang sulit ini, “tukas Jonathan Rea. BB1

Baca (juga) : Suzuka 8 Hours 2018 : Tim Yamaha Factory Racing Podium Juara Lagi, Sudah Sejak 2015

Facebook Comments

You May Also Like