Ketahuan Sebelum Launching, Suzuki Akan Gunakan Sistem Tuning Sasis

BeritaBalap.com – Sudah banyak mengakui kalau Suzuki memiliki cornering speed dan agility sasis terbaik di musim 2019. Ternyata kelebihan itu didapat dari sistem tuning yang bisa dilakukan pada sasis GSX-RR.

Selama ini perangkat tersebut tersembunyi di balik fairing, masih sedikit orang yang menydari tentang keberadaan part tersebut. Namun ternyata perangkat tersebut memiliki hubungan terhadap kelincahan motor.

BACA (JUGA) : Ikuti Jejak Honda, Suzuki Akan Buat Divisi Racing Seperti HRC

koizumi

Shinichi Sahara (MotoGP project manager) dan Ken Kawachi (MotoGP Technical Director) mengakui perangkat tersebut punya peran penting terhadap maneuver GSX-RR 2019 dan akan digunakan kembali pada musim 2020.

Suzuki mendesain engine mounting yang berbeda. Letaknya berada di luar mesin yang menghubungkan mesin terhadap rangka. Ketebalannya bisa diubah menurut kebutuhan sirkuit. Dengan mengubah ketebalan tersebut, Suzuki mampu mengubah kekakuan sasis secara signifikan.

BACA (JUGA) : Diincar Banyak Tim, Joan Mir Justru Pilih Suzuki, Kenapa?

“Itu memang benar, ketika saya kembali ke department racing, sasis (GSX-RR) terlalu flexible, penggunakaan carbon (untuk sasis) memang membuat rigid sasis. Namun tidak semua sirkuit membutuhkan sasis yang rigid,” jelas Ken Kawachi.

Shinichi Sahara, Project Leader (kanan) dan Ken Kawachi, Technical Manager (kiri)

 

Atas dasar itulah Ken menggunakan pendekatan baru terhadap rigidity sasis yang bisa dibuat flexible. Engine mounting menjadi satu kunci untuk mengubah hal itu. Oleh sebab itu bentuknya aneh karena berada di luar rangka. Terhubung dari mesin menuju sasis utama.

Shinichi Sahara mengakui kalau pengembangan ini akan kembali diterapkan pada GSX-RR 2020, bedanya, akan menggunakan variasi bahan lain.

BACA (JUGA) : Suzuki Berhasil Tambah Top Speed, Berapa Km/Jam?

Tidak seperti sebelumnya yang hanya berpatokan pada alumimun, untuk GSX-RR 2020 Suzuki akan menggunakan variasi bahan selain aluminium juga memakai carbon kevlar, bahkan ketebalannya akan dibuat variasi. WIC

Facebook Comments

You May Also Like