Kontrak F1 Barcelona Berakhir Tahun 2019 Ini, Tidak Diperpanjang ?

BeritaBalap.com-Beberapa seri balap Formula One (F10)di Eropa akan berakhir tahun 2018 ini. Salah satunya ialah jatah Catalunya, Barcelona, Spanyol yang sudah digelar pada 10-12 Mei lalu. Tentu saja, problem utamanya ialah biaya operasional yang relatif besar. Diklaim pada angka Rp. 300-400 Milyar/tahun.

Makin merepotkan, ketika tidak atau belum ada dukungan dari pemerintah setempat. Ditambah pula, indikasi penonton yang mulai turun drastis. Ini yang terjadi di Malaysia hingga diputuskan kontrak berakhir 2018 kemarin.

Kembali ke bahasan awal sehubungan F1 Barcelona. Dalam hal ini penyelenggara diberitakan sedang berupaya meminta bantuan pemerintah setempat dan komunitas bisnis. Mereka belum mau menyerah dan akan terus berusaha sampai dengan deadline yang ditentukan.

“Balapan F1 itu memiliki dampak positif pada banyak sektor ekonomi, termasuk sektor otomotif, pariwisata, transportasi dan rekreasi yang bernilai hampir 163 juta euro, juga mengelola 2.700 pekerjaan,”ujar pihak penyelenggara F1, yaitu Liberty Media (USA). Oh ya, nilai klaim 163 juta euro itu jika dikonversi, maka sama dengan Rp. 2,5 triliun. Wow… !

Problem tambahan Spanyol ialah ketika driver Fernando Alonso tidak balapan F1 lagi. Maka dari itu, GP Belanda menjadi alternatif dengan adanya local-hero Max Verstappen.  Adapun seri-seri Eropa yang berada di ujung tanduk alias harus segera diperpanjang ialah Silverstone Inggris, Hockenheim  Belgia dan Meksiko. BB1

Facebook Comments

You May Also Like