KTM Akui Regulasi WorldSSP300 Masih Kacau, Dorna Harus Kerja Keras !

BeritaBalap.com-Soal aturan balap WorldSSP300 memang selalu diributkan hingga diubah sejak seri awal di Jerez, Spanyol. Pihak FIM dan Dorna belum mendapat menemukan formulasi yang tepat agar semua pacuan dapat seimbang. Dalam hal ini sehubungan dengan berat dan kecepatan maksimum (RPM).

“Kami tidak berharap suatu motor memiliki 7 tenaga kuda (HP) pada mesin produksi di kelas ini. Konsep yang berbeda selalu sulit untuk diseimbangkan, jadi kami memerlukan dukungan dari produsen, “ujar Direktur Olahraga Dorna, Gregorio Lavilla kepada laman media asal Jerman, Speedweek.com.

Permasalahan muncul ketika aturan yang memperbolehkan Kawasaki Ninja 400 (399 cc) ataupun KTM RC390R (390 cc) ataupun Honda CBR500 (471 cc). Dalam hal ini bertarung dengan peserta terbanyak Yamaha YZF-R3 dengan kapasitas 321 cc yang diklaim tenaganya hilang 2 HP (Horse Power) sebagai efek EURO4 .

koizumi

Jadi Kawasaki beralih dari tahun lalu Ninja 300 menjadi Ninja 400 yang mesinnya sudah memenuhi standar EURO4. Infonya Ninja 400 bisa menembus angka RPM 12.500, sedangkan yang lain RPM 11.800. Juga adanya 6 ECU berbeda pada Ninja 400. Konteks yang disebut KTM sebagai sebuah kekacauan. Dornas harus berjuang keras karena belum juga berhasil menerapkan peraturan teknis yang seimbang.

“Kami telah menetapkan sinyal bahwa balapan WorldSSP 300 sejauh ini belum dalam hal peraturan yang seimbang. Tidak dalam seri yang berjalan dan tidak sesuai dengan arti dari kejuaraan dunia dimana pabrikan dapat bersaing dengan adil, “ucap Thomas Kuttruf sebagai manajer KTM. Intinya, KTM tidak setuju dengan cara Dorna yang dapat mengubah aturan hingga lebih dari 3-4 kali dalam satu musim.

Wolfgang Felber, Kepala Pengembangan Teknis KTM

“Kami adalah produsen dan kami ingin menunjukkan bahwa produk kami kompetitif dan ingin mengiklankannya. Itulah yang terjadi di awal tahun. Selama liburan musim dingin, kami melakukan pekerjaan kami yang terbaik dan menang dua kali di awal. Kami tidak terlalu superior, mereka bertarung sampai tikungan terakhir dan setara dengan Kawasaki, “terang Wolfgang Felber, Kepala Pengembangan Teknis KTM.

“Anda tidak dapat mengubah peraturan tiga atau empat kali selama musim, itu tidak akan berhasil. Mustahil, kami tidak setuju. Aturan bisa berubah pada hari Jumat saat anda datang ke balapan. Itulah kekacauannya, “tambah Wolfgang Felber. Adapun seri lanjutan WorldSSP300 akan dihelat di Portimao,Portugal pada 14-16 September nanti. BB1

Facebook Comments

You May Also Like