KTM Lemah di Aragon, Walau Trek Lurus 1 Km Tapi Tidak Masuk 10 Besar, Kenapa ?

BeritaBalap.com-Para pembalap KTM terbukti lemah di seri Aragon 1, Spanyol, Minggu kemarin (18 Oktober). Dari ke-4 ridernya, tidak ada yang masuk 10 besar. Brad Binder terbaik di urutan ke-11, dibelakangnya ada Pol Espargaro yang sebelumnya sangat bertaji. Paling sering podium.

Kenapa ini ? Apa problemnya ? Padahal lintasan Aragon itu ada trek lurus utama sekira 1 km, tepatnya 968 meter. Disini KTM RC-16 bisa mengumbar power, termasuk pada tikungan-tikungan  yang berkarakter high-speed.

BACA (JUGA) : Bos Tim Honda Ungkap Sejak Awal Tidak Pernah Meragukan Alex Marquez

koizumi

Lebih lanjut, kondisi ini diperjelas oleh Pol Espargaro.  Pembalap utama KTM ini menjelaskan apa yang menjadi masalah mereka. Ternyata soal kinerja ban depan yang relatif licin.

Mereka tidak biasa menggunakan ban depan tipe lembut untuk sirkuit “kering” Aragon yang memang udaranya relatif dingin. Set-up motor menjadi tidak optimal karena jarang pakai tipe soft pada bagian depan.

BACA (JUGA) : Jadual Lengkap MotoGP, Moto2, Moto3 Aragon 2 (23-25 Oktober, Dalam WIB)

Tradisi selama ini, ban depan itu medium atau yang lebih keras. “Biasanya kami selalu menggunakan ban yang medium atau lebih keras daripada rival kami. Di Aragon kami harus menggunakan ban depan yang lembut seperti semua pembalap lainnya”.

“Sulit untuk memulai sejauh ini di grid dan kemudian start saya juga tidak bagus. Ketika saya mulai mendorong laju motor, pegangan ban di depan dan belakang sangat lemah dan saya melebar beberapa kali. Dalam salah satu momen, Brad melewati saya dan mengikutinya, saya melewati Danilo Petrucci. Tidak bagus, motornya nggak enak, “terang Pol Espargaro yang ada di posisi ke-9 dalam klasemen sementara MotoGP.

“Yang penting untuk akhir pekan depan adalah membuat ban depan yang medium bekerja, karena tanpanya kita benar-benar tersesat karena titik kuat kita adalah berhenti dan memasuki tikungan. Kalau kita pakai karet yang lunak, kita tidak bisa beruntung. Jadi ini sangat penting bagi kami. Yang pasti, akhir pekan depan adalah menggunakan ban medium dan memaksa ban medium bekerja disini, kalau tidak kami bermasalah, ”tambah Pol Espargaro. BB1

Hasil MotoGP Aragon :

Klasemen Sementara :

Facebook Comments

You May Also Like