Marc Marquez Kasih Bocoran Metode Latihan Fisiknya

BeritaBalap.com-Juara dunia MotoGP 2017 yang juga akan meraih juara dunia MotoGP 2018, Marc Marquez memberikan strateginya dalam menjalani latihan fisik. Dengan postur 168 cm dan berat 59 kg, terbukti Marquez begitu piawai diatas Honda RC213V yang diklaim memiliki semburan tenaga 290 HP (Horse Power).

Marquez menekankan bahwa semua latihan itu harus didasarkan pada motivasi dahulu. Pada bagian lain, ia menyebut pentingnya rekan atau teman untuk menambah semangat kita ataupun melakukan olahraga yang lain dengan mereka. Maksudnya, biar tidak monoton. Anda membutuhkan tujuan yang Anda latih. Itu harus bermanfaat.

“Tentu saja, saya juga tahu hari-hari ketika saya bangun dan berkata, “Hari ini saya malas.” Lalu saya berpikir untuk tujuan dan memanggil teman. Untuk saat ini, tidak terdengar seperti pelatihan. Tetapi tujuan ! Karena salah satunya pasti memiliki ide lucu. Kami melakukan balap sepeda, bermain sepak bola, tenis. Sekali lagi, ada tujuan dan semua orang termotivasi. Jika anda hanya berlatih untuk pelatihan, itu akan sulit-terutama dalam jangka panjang, “terang Marquez saat melakukan interview dengan media The Red Bulletin.

koizumi

Marquez menyebut bahwa agenda latihannya ketat dan mengacu pada prediksi cuaca. Yang menarik, walaupun hujan sekalipun, ia tetap menjalani latihan. Bahkan dalam kondisi hujan sekalipun jika memang menginginkannya. Tidak kalah menarik, Marquez juga menyebut pentingnya latihan PlayStation yang berhubungan dengan konsentrasi. Ini penting saat anda balap MotoGP.

“Program kebugaran saya ketat mengikuti ramalan cuaca: Besok hujan ? Anda juga bisa berlari di bawah hujan. Bersepeda tidak akan menyenangkan, “tutur Marquez. “Saya benar-benar melihat PlayStation sebagai pelatihan konsentrasi. Otak anda bekerja ketika anda bermain “MotoGP” atau “Formula 1” dan anda mencoba untuk berkendara persis sama setiap lap, “tambah Marquez yang menyebut saat main PlayStation F1 kerap memilih bertarung dengan Daniel Ricciardo, Carlos Sainz Jr., Max Verstappen.

Pertanyaan kritisnya, bagaimana Marquez menjaga staminanya yang notabene dalam setahun full jadual balap. “Saya melakukan perjalanan sekitar 200 hari setahun. Anda harus memiliki program kebugaran yang minimal. Anda selalu bisa berlari dan kemana-mana. Ketika memesan hotel, saya sangat mementingkan fakta bahwa hotel memiliki pusat kebugaran yang baik. Tidak terlalu penting seperti apa ruangan itu. Anda punya waktu untuk satu jam latihan di pagi hari, termasuk mandi. Sebagai contoh, jika saya memiliki janji pertama saya pada pukul 10, itu tidak berarti bahwa saya tidur begitu lama, tetapi saya berada di gym pada pukul 8:30, berolahraga, mandi, dan sarapan selama satu jam, “ucap Marquez yang menegaskan pula bahwa balapan yang berlangsung 40 menit butuh paling tidak latihan sehari selama 4 jam.

“Yang terbaik, setiap hari itu latihan berbeda. Tubuh harus mendapat rangsangan baru setiap hari. Kemarin gym, hari ini motocross, besok sepakbola, lusa sepeda gunung. Selain itu, dasar ketahanan yang kuat melalui lari, balap dan berenang dimana bahu banyak bekerja. Yang penting pula, saya melatih perut saya setiap hari. Yang penting adalah rutinitas, bukan jumlahnya. Apa untungnya bagi saya jika saya membuat 100 sit-up hari ini, atau 200, dan tidak satu hari berikutnya ?, “tambah Marquez. BB1

Facebook Comments

You May Also Like