Mesin Melempem, McLaren Resmi Ceraikan Honda Dan Pindah Renault (F1 2018)

Beritabalap.com-Tim McLaren telah mencapai kesepakatan untuk melepaskan Honda dari kemitraan mereka di musim balap Formula One (F1) tahun depan. McLaren siap pindah ke lain hati, yaitu Renault. Kabarnya terjalin kontrak dengan pabrikan asal Perancis tersebut selama 3 tahun (2018-2020).

Jadi kebersamaan McLaren dan Honda yang dibangun sejak 2015 pada akhirnya kandas. Demikian seiring dengan mesin Honda yang tidak kunjung kompetitif. Hanya di posisi ke-9 dari 10 tim. Sungguh miris ! Padahal McLaren punya sejarah manis dan kerap membawa drivernya meraih juara dunia F1.

McLaren sendiri sudah eksis dibalap F1 sejak tahun 1960-an. Sudah 20 kali merebut gelar juara dunia. Nama-nama seperti Emerson Fittipaldi, James Hunt, Niki Lauda, Aryton Senna, Mika Hakkinen, Alain Prost dan Lewis Hamilton pernah bernaung di tim yang bermarkas di Inggris ini.


Sebelumnya diberitakan bahwa Honda siap memasok mesin pasukan Toro Rosso. Konteks ini yang membuat Renault dapat menerima McLaren. Toro Rosso sendiri adalah tim pembinaannya Red Bull Racing karena berada dalam satu manajemen. Hanya saja di musim 2018 nanti, mereka akan berbeda mesin, mengingat Red Bull tetap setia dengan Renault.

Lebih lanjut, efek kesepakatan McLaren dan Renault ini diprediksi akan berimplikasi pada petarung senior Fernando Alonso yang memang berharap dapat memperoleh mesin yang kompetitif. Kondisi ini sering dipertegasnya. Tentu saja, agar dapat bertarung di barisan depan. Alhasil, Alonso akan tetap setia di McLaren. BB1

Facebook Comments

You May Also Like