Michelin Akhiri Misi Edukasi MSA 2018 Dengan Mendeklarasikan 10 GOLDEN RULES

BeritaBalap.com- PT Michelin Indonesia, produsen ban tekemuka dunia, mengakhiri misi edukasinya melalui program Michelin Safety Academy (MSA) 2018 dengan mengeluarkan deklarasi 10 Golden Rules mengenai keselamtan berkendara. Penandatanganan deklarasi dilakukan bersamaan dengan wisuda (Graduation Day) 500 pelajar dari 20 Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Jawa Barat yang turut ambil bagian program MSA 2018.

Berlokasi di Teater Tertutup Dago Tea House Bandung, Sabtu (20/10), deklarasi 10 Golden Rules ditandatangani oleh President Director Michelin Fritz Mueller dan pihak Kepolisian Resor Kota Besar Bandung. Michelin juga mengundang atlet peraih medali emas Asian Games 2018 dari cabang olahraga balap sepeda gunung, Tiara Andini Prastika, dan cabang olahraga panjat tebing Abu Dzar Yulianto, serta perwakilan siswa SMA dan SMK di wilayah Jawa Barat.

Fritz Mueller, President Director Michelin Indonesia

Deklarasi 10 Golden Rules merupakan bentuk kepedulian Michelin terhadap keselamatan berkendara bagi seluruh masyarakat Indonesia. Michelin Safety Academy menjadi ajang bagi para siswa yang menjadi pengendara pemula agar dapat mengetahui bagaimana cara berkendara yang baik dan benar di jalan. Jika sebelumnya kegiatan ini selalu berpusat di ibu kota, kali ini kami ingin mengajak generasi muda Jawa Barat, terutama Bandung, Cimahi, Sumedang, dan sekitarnya, untuk turut mengambil bagian dalam penerapan 10 Golden Rules di daerah masing-masing,” buka Fritz Mueller, President Director Michelin Indonesia.

koizumi

Deklarasi 10 Golden Rules tersebut antara lain: (1) Memakai sabuk pengaman; (2) Mematuhi peraturan lalu lintas; (3) Mematuhi batas kecepatan; (4) Memperhatikan Kebugaran; (5) Melindungi anak-anak di belakang saya; (6) Selalu siaga saat mengemudi; (7) Berhenti saat saya merasa lelah; (8) Memakai helm saat bermotor/bersepeda; (9) Berperilaku santun di jalan; dan (10) Memeriksa ban.

Nora Guitet, Public Affairs and Corporate Communications Director Michelin Indonesia

Public Affairs and Corporate Communications Director Michelin Indonesia Nora Guitet menjelaskan, MSA 2018 yang diselenggarakan melalui kerja sama dengan Kepolisian Resor Kota Besar Bandung, Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Barat, dan Ikatan Motor Indonesia yang bertujuan untuk memberikan edukasi dan meningkatkan kesadaran mengenai road safety kepada pengendara pemula untuk menekankan betapa pentingnya memahami faktor keamanan, termasuk mengenal kondisi kendaraan seperti ban yang merupakan satu-satunya komponen kendaraan yang bersentuhan langsung dengan jalan raya.

Michelin juga memberikan kesempatan kepada para pelajar untuk mengikuti test pembuatan Surat Izin Mengemudi (SIM). Di samping itu, Michelin juga memberikan pelatihan defensive driving bagi pengendara penyandang disabilitas dan pengemudi Grab. Dalam kegiatan kali ini, menurut Nora, Michelin mendaulat dua atlet Asian Games tersebut sebagai Duta Keselamatan Berkendara. Kemudian, dua perwakilan dari 500 pelajar yang ikut MSA 2018 akan diangkat menjadi perwakilan Student Ambassador.

Suasana Graduation Day 500 pelajar dari 20 Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Jawa Barat yang turut ambil bagian program MSA 2018

“Kami memilih atlet pemenang Asian Games sebagai Duta Keselamatan Berkendara mengingat tahun ini Indonesia ditunjuk menjadi tuan rumah pesta olahraga internasional bergengsi di dunia. Michelin turut merasa bangga dengan prestasi yang diraih para atlet dalam mengharumkan nama bangsa. Kami juga mendorong para Student Ambassador terpilih untuk menjadi pelopor keselamatan berkendara di tengah-tengah masyarakat,” ujar Nora.

Kepala Unit Regident Polrestabes Bandung Ajun Komisaris Polisi Susanti Samaniah mengatakan bahwa MSA 2018 yang dipelopori Michelin sejalan dengan upaya preventif yang terus dilakukan kepolisian dalam menurunkan angka kecelakaan lalu lintas di jalan. Berdasarkan data Kepolisian Republik Indonesia, hingga Juni 2018, kecelakaan lalu lintas di Jawa Barat terjadi sebanyak 1.743 kali dengan jumlah korban mencapai 2.846 orang. Dari jumlah tersebut, 863 orang diantaranya meninggal dunia, 269 orang luka berat, dan 1.714 orang luka ringan. Kerugian akibat kecelakaan lalu lintas hanya di Jawa Barat saja sampai pertengahan tahun ini mencapai Rp 3,4 miliar.

Ajun Komisaris Polisi Susanti Samaniah, Kepala Unit Regident Polrestabes Bandung

“Kami sangat mengapresiasi Michelin Indonesia yang konsisten dalam menyelenggarakan Michelin Safety Academy. Sungguh merupakan suatu kehormatan bagi kami, kegiatan MSA 2018 ini memilih Jawa Barat, khususnya Bandung, dengan itu kami dapat mensosialisasikan tata cara berkendara yang baik dan benar di jalan kepada warga Jawa Barat, khususnya bagi generasi muda. Kami berharap kerja sama yang baik ini dapat terus berjalan di masa yang akan datang,” kata Ajun Komisaris Polisi Susanti.

Atlet balap sepeda gunung downhill putri, Tiara Andini Prastika yang turut menyumbang medali emas di ajang Asian Games 2018 juga turut di tunjuk sebagai duta keselamatan berkendara Michelin tahun ini sangat mengapresiasi upaya Michelin dalam mengajak generasi muda untuk menerapkan keselamatan berkendara yang baik di jalan. Sebagai atlet balap sepeda gunung yang menggunakan sepeda dalam aktivitasnya, Tiara kerap kali bersentuhan dengan dunia otomotif, khususnya sepeda motor untuk berlatih.

Tiara Andini Prastika, Atlet balap sepeda gunung downhill putri

“Saya sangat memahami pentingnya keselamatan berkendara, ketika itu diterapkan dalam kehidupan sehari-hari maupun ketika saya menggunakan sepeda maupun sepeda motor ketika berlatih. Bagi saya, safety adalah segalanya karena tanpa itu semua yang saya lakukan menjadi sia-sia, bahkan dapat menyebabkan cedera atau dampak yang lebih para lainnya. Karena itu, diperlukan pemahaman dan kerja sama yang baik dari semua pengguna jalan untuk mengutamakan keselamatan berkendara,” tutup Tiara yang sempat menunjukan kemahirannya bersepeda dengan menuruni anak tangga menggunakan sepeda andalannya. Edhot

Facebook Comments

You May Also Like