MotoGP 2018 Austin : Marquez Kena Penalti (Lagi), Turun Posisi Start !

BeritaBalap.com-Pebalap tim Repsol Honda, Marc Marquez kembali kena penalti alias hukuman. Juara dunia MotoGP 2017 yang merebut pole-position ini harus turun ke posisi ke-4 dikarenakan menghalangi Maverick Vinales (Movistar Yamaha).

Disebut menghalangi karena berada di racing-line atau jalur balap. Demikian diputuskan setelah sesi kualifikasi dalam MotoGP 2018 Austin, USA (21 April). Alhasil, Maverick Vinales yang sebelumnya di posisi ke-2, pada akhirnya naik ke posisi terdepan.

“Jadi pada tikungan ke-15, Marquez melakukan hal dengan cara yang tidak bertanggung jawab yaitu melambat di garis balap dan mengganggu pembalap lain, “ujar juri FIM MotoGP. “Ini melanggar Pasal 1.21.2 dari Peraturan Grand Prix Kejuaraan Dunia FIM dimana pembalap harus berkendara dengan cara yang bertanggung jawab, yang tidak menyebabkan bahaya bagi pesaing lain atau peserta, baik di trek atau di pitlane, “tambah pernyataan tersebut.

koizumi

Lebih lanjut, Marc Marquez mengaku tidak menyangka bahwa di belakangnya adalah Vinales. Dia sengaja menunggu  Andrea Iannone yang disebutnya lebih cepat dan ingin melakukan slip-streamig alias “mencuri angin” agar catatan waktunya semakin tajam.

“Saya mencari Iannone untuk slip-stream karena  Iannone paling cepat kemarin. Jadi saya melihat Iannone di belakang dan tidak mengharapkan Maverick. Ketika saya mendengar mesin di belakang,  saya bergeser tapi sepertinya saya mengganggunya,, “tutur Iannone.

“Pemimpin lomba mengatakan hukuman karena saya berada di jalur balap. Tapi okelah, saya hanya kehilangan empat meter di grid. Saya masih mendapat waktu lap tercepat dan penghargaan [pole], “tambah Marquez. Mengacu pada hasil ini, dijamin akan hadir pertarungan sengit, karena Marquez berada disamping posisi Valentino Rossi (Movistar Yamaha).   BB1

 

 

Facebook Comments

You May Also Like