MotoGP Motegi (FP1) : Tidak Hujan Seperti 2017, Dovi Libas Marquez 4 Menit Terakhir

BeritaBalap.com-Perjalanan latihan bebas 1 (FP1) MotoGP 2018 di Sirkuit Motegi Jepang, Jumat (19 Oktober), pada awalnya begitu didominasi Marc Marquez (Repsol Honda). Itu sejak menit awal hingga tinggal tersisa 4 menit terakhir. Boleh jadi, juara dunia MotoGP 2017 tersebut sangat termotivasi untuk  menggenapi kemenangannya di kandang principal Honda.

Maksudnya dengan meraih podium juara di Motegi, maka predikat juara dunia dipastikan miliknya walau masih tersisa 3 seri (Australia, Malaysia dan Valencia). So, perjuangan serius dilakukan petarung usia 25 tahun tersebut sejak FP1. Namun alias ternyata Andrea Doviziozo (Ducati) yang selama ini menjadi rival Marquez mempertajam waktunya menjadi 1 menit 45,350 detik.

Perubahan signifikan terjadi di menit-menit terakhir, Cruthlow (LCR Honda) naik di posisi ke-2B dengan perbedaan 0,105 detik. Catatan penting juga, bahwa Johaan Zarco comeback di barisan atas pada FP1 ini dengan meraih urutan ke-3. Tipis juga, hanya 0,125 detik dari Dovizioso.

koizumi

Marquez sendiri harus puas di deretan ke-4. Oh ya, Maverick Vinales (Movistar Yamaha) melejit di 8 menit terakhir dapat masuk di posisi ke-5. Anyway, perfoma M1 memang sedang diuji di trek lain setelah sebelumnya jauh lebih baik di Buriram Thailand dimana Vinales dan Rossi dapat finish ke-3 dan ke-4.

Seperti kata The Doctor bahwa pembuktian sebuah kemajuan harus dilihat dari berbagai lintasan seperti yang terjadi di Honda dan Ducati yang konsisten di banyak sirkuit. Rossi sendiri terlempar dari deretan 10 besar di FP1.

Faktanya pula, FP1 Motegi tahun 2018 ini tidak dalam kondisi hujan seperti kenyataan di musim lalu (2017). Tahun lalu dalam temperatur udara 14 derajat dan kelembaban udara 98 persen.  Dan bermain di angka 1 menit 55 detik. Saat ini di suhu 17 derajat celcius dan kelembaban 72 persen. BB1 

 

Facebook Comments

You May Also Like