MotoGP Thailand (Kualifikasi) : Ini Bukti Beda 500 RPM

BeritaBalap.com – Akhirnya Yamaha membuka pembatas rpm M1 milik Fabio Quartararo dan langsung melejit merebut pole position di GP Thailand. Para engineer Yamaha hanya melakukan via software yang terkoneksi ke ECU. Tinggal klik, rpm puncak M1 Quartararo pun sama dengan milik Rossi dan Vinales.

Pembatas rpm ini memang dilakukan Yamaha untuk menambah usia mesin M1 Fabio Quartararo. Sebab hanya Quartararo yang menggunakan 5 buah mesin sepanjang musim 2019. Akibat rpm puncak yang lebih rendah, rider Prancis ini pun sering keteteran saat adu top speed. Bahkan diantara rider Yamaha, Quartararo memiliki top speed yang paling rendah.

Baca Juga : Ternyata Selama Ini M1 Pacuan Quartararo Dikebiri

koizumi

Kebijakan Yamaha untuk menambah rpm puncak pun dilakukan setelah FP3. Hasilnya langsung dibuktikan oleh Fabio Quartararo dengan merebut pole position.

“Tentu ini (penambahan rpm) sangat penting. Saya pikir jika kami berhasil pole position, artinya itu (penambahan rpm) bekerja. Yang lebih penting besok adalah 26 lap dan penambahan rpm ini sangat penting,” jelas Fabio Quartararo.

Selain pole position, Quartararo pun mengalahkan top speed 3 rider Yamaha lainnya. Bahkan hanya kalah 1 km/jam dari top speed Ducati yang ditunggangi Andrea Dovizioso (Lihat table). WIC

Facebook Comments

You May Also Like