Motor MotoGP 5 Tahun Lalu Justru Lebih Serem Dibanding Yang Sekarang ?

BeritaBalap.com-Takaaki Nagakami (LCR Honda) yang sudah 6 tahun berkompetisi di level MotoGP mengatakan bahwa pengendalian motor sekira 5 tahun lalu saat ia pertama kalinya masuk MotoGP, justru lebih sulit. Kenapa demikian ? Apa sebabnya ?

BACA (JUGA) : Masih Jos Diatas R1 ! Ini VIDEO VR46 Latihan Balap Bareng Bezzecchi Dan Morbidelli Di Misano

Adapun yang menjadi alasan Nakagami karena pacuan MotoGP saat ini sudah dilengkapi tehnologi aerodinamika yang sangat canggih, termasuk perangkat elektronik menyangkut traksi ban yang lebih baik dan lebih safety.

koizumi

Faktanya memang tenaga motor lebih besar dibanding 5 tahun lalu. Ini dikarenakan dukungan aerodinamika yang lebih mudah dalam pengendalian. Jadi justru sangat menantang era sebelumnya dimana skill pembalap lebih dikeluarkan.

BACA (JUGA) : Demi Pedro Acosta, KTM Rela Lepaskan Augusto Fernandez Ke Tim LCR Honda..?

“Motor sekarang lebih banyak gaya tekan karena lebih banyak sayap, lebih banyak bantuan. Saya ingat ketika saya untuk pertama kalinya mengendatai motor MotoGP, itu saat tahun 2018, tidak ada sayap, tidak ada bantuan, tidak ada apa-apa !, “ujar Nakagami yang saat ini berusia 31 tahun.

BACA (JUGA) : KTM Pusing Karena Terlalu Banyak Rider Muda Berprestasi Dan Ingin Balap MotoGP

“Itu lebih sulit karena anda harus berhati-hati dengan ujung pada bagian depan saat momen akselerasi. Jika anda membandingkan dengan tenaga kuda (Horse Power, red), motor sekarang memang lebih banyak tenaganya. Ini berkat peningkatan gaya tekan dan cengkeraman ban. Kamu bisa melaju lebih cepat tetapi dalam hal sensasi, maka saya merasa balapan dulu lebih menantang karena perjuangan pembalap terbayar. Tapi sekarang berbeda, “tambah Nakagami.   BB1

Facebook Comments

You May Also Like