Pasang Fasilitas Lampu Dengan Dana Ratusan Milyar, Sirkuit Sepang Siap Balap MotoGP Malam Hari ?

BeritaBalap.com-Ternyata Sirkuit Internasional Sepang sudah meningkatkan fasilitasnya dengan pemasangan lampu penerangan trek. Alhasil, muncul spekulasi bahwa balap MotoGP yang menjadi langganan Sirkuit Sepang dapat saja berubah dari tradisi siang hari menjadi malam hari (nite-race) seperti di Losail, Qatar.

Menyangkut informasi detail soal pemasangan lampu di Sirkuit Sepang ini akan dilakukan pada bulan Agustus nanti. Bolah jadi, setelah mengalami penyempurnaan lewat langkah trial and error alias ujicoba. Kabarnya sudah dilakukan tes privat untuk kejuaraan mobil F3 & F4 Asia (single-seaters).

Apakah Sepang akan menggelar balap MotoGP malam hari ?

Tentu saja, nantinya akan ada langkah standarisasi pencahayaan yang dilakukan oleh pihak FIA atau FIM. Diberitakan lebih lanjut, bahwa unsur pendanaan sehubungan penerangan Sirkuit Sepang ini telah tersedia setelah keputusan Sirkuit Sepang yang tidak lagi menggelar balap Formula One (F1) yang relatif mahal namun segi penonton menurun.


Sekilas informasi saja, untuk lintasan Losail Qatar dibekali dengan kekuatan lampu 13 Mega Watt dengan dukungan 44 generator diesel. Ini setara dengan penerangan 70 kali lapangan sepakbola standar FIFA atau 1300 lapangan basket ataupun sekitar 3000 rumah pribadi. Biayanya mencapai 10 Juta euro atau seputar 170 Milyar. Itu di tahun 2004. Bisa dibayangkan jika diinstalasi tahun 2018 ini. Budget duitnya dijamin membengkak. BB1  (foto : crash.net)

Facebook Comments

You May Also Like