Pergeseran Kekuatan Balap Nasional, MX King Dominan Juara Dibanding GTR/Sonic 150R

BeritaBalap.com-Bicara musim 2021 ini, maka balap Kejurnas OnePrix 2021 yang menjadi parameter atau alat ukur untuk melihat perkembangan riset pacuan-pacuan berbasic Yamaha MX King, Honda GTR ataupun Honda Sonic 150R.

Di kawah OnePrix, hadir tim-tim terbaik nasional sekaligus pembalap-pembalap terbaik. Dijamin ini yang paling top. Nah, mengacu pada hasil dalam 2 putaran Kejurnas OnePrix 2021 hingga bulan September 2021 ini, maka terbukti nyata kudabesi MX King begitu dominan. Langganan juara. Ini dalam kelas paling bergengsi seeded OP1 (150 cc).

BACA (JUGA) : Leon Chandra Racetech Rajanya Sentul Kecil, MX Kingnya Jawara Seeded Dan Pemula

koizumi

Tidak hanya selalu juara dalam 4 race (total 2 seri OnePrix yang sudah berjalan), juga memborong podium runner-up alias kedua juga. Petarung Honda, cukup Faisal Baharuddin (Honda PARD) yang podium ke-3 dalam race ke-2 saat seri perdana Juni lalu. Selebihnya tidak pernah podium.

“Balapan itu kuncinya riset dan riset, Mas. Jangan puas dengan satu hasil. Saya berupaya mengembangkan mesin-mesin prototype (dalam konteks belum disebar ke tim naungannya, red). Jadi berbeda dengan yang sudah ada dan juara. Riset juga harus intens. Tidak hanya saat jelang balapan, “tegas mekanik Leon Chandra dari bengkel Racetech Jakarta.

MX King Aditya Fauzi (Yamaha SJCRT RRS) yang raih poin terbanyak di seri awal OnePrix 2021 dengan podium juara di race awal dan runner-up di race kedua

Bicara data musim 2020 lalu, memang perfoma Honda GTR yang spesial, itu dalam pasukan Astra Motor Racing Team Yogyakarta (ART Jogja). Tetapi tahun 2021 ini belum terbukti.

Yang mendominasi adalah motor-motor garapan tuner Leon Racetech pada tim ASR KKP Kendari dan tim Revolution Liquid. Ataupun kolaborasi kiliker senior Hawadis HDS Racing dan Konar RRS (Rey Racing Speed). Mereka jagonya untuk kelas seeded.

BACA (JUGA) : Leon Chandra Racetech Rajanya Sentul Kecil, MX Kingnya Jawara Seeded Dan Pemula

“Riset juga tidak hanya seputar mesin, sejak seri 2, kita dibantu teknisi suspensi depan by PSD dan belakangnya dari Kayaba. Logikanya, percuma horse power motor besar jika tidak didukung dengan suspensi. Motor akan terlalu sulit dijinakkan saat masuk dan keluar tikungan, “tambah leon Chandra yang membawa M Faerozi meraih double winner OP1 dalam 2 race. MX Kingnya terlalu tangguh. Begitu perkasa.

Oh ya, saat balap Indonesia Cup Prix 2021 (ICP 2021) di trek Gery Mang Subang, juga MX King yang menang. Kita tunggu saja ya, bagaimana perkembangan lanjutannya sampai dengan akhir pejalanan Kejurnas OnePrix 2021. Apakah Honda GTR/Sonic 150R memberikan perlawanan serius ? BB1

Hasil Race 1 OP1 (150 cc) :

Hasil Race 2 OP1 (150 cc) :

Facebook Comments

You May Also Like