Profil Om Ismu Kozlo (63 Tahun), Joki Liaran Jogja Era Tahun 76-88

BeritaBalap.com-Mungkin banyak yang belum paham sosok Om Ismu Koslo. Ini pelaku senior dunia balap di Ngayogyakarto Hadiningrat. Usianya sudah 63 tahun. Tetapi tetap energik menikmati tontonan berbagai event balap, termasuk menjalani touring bersama komunitas ‘sengkuni’ di berbagai pulau yang ada di Indonesia.

Yap, Om Ismu Kozlo adalah mantan joki liaran (dragbike) yang sangat populer di era tahun 1976 hingga 1988. Mungkin banyak pembaca yang belum lahir. Makanya, berita ini dihadirkan. Ada pepatah : Tak Kenal, Maka Tak Sayang.

“Saya joki liaran di tahun 1976 sampai 1988. Waktu itu treknya di Malioboro, Kalasan, Janti dan Ring Road, “ujar Om Izmu Kozlo yang juga sahabat dekat mekanik senior Jogja Om Ghandoz Tepepa dan mantan kroser nasional Satya Sunarso. Mereka selalu bersama selama ini menikmati hobi reli mobil di bengkelnya Mas Satya Sunarso.

koizumi
Saat ngumpul bareng Mas Satya Sunarso (tengah) dan Om Ghandoz Tepepa (kanan-t shirt putih)

Yang pasti, semua pelaku balap senior era 1990 hingga 2000-an pasti paham sosok beliau. Mungkin yang millenial atau generasi Z yang belum tahu. Sekali lagi, makanya ada berita ini. Ha ha ha ha ha…

“Jadi saat liaran dulu, saya dengan mekanik Om Sambo dan Om Ghandoz (Tepepa Family). Saat itu motor yang populer Suzuki A100 dan Yamaha GT dan Suzuki RX 100 serta Kawasaki G3T, “tutur Om Ismu Kozlo yang punya nama asli Ismuhono dan memiliki satu buah hati ‘puteri’ yang sudah berusia 32 tahun.

Saat bersama Om Penta Wijaya (59 Tahun), pembalap road race era tahun 1990-an

Oh ya, ada satu pertanyaan menarik, kenapa dinamakan Kozlo ? “Jadi itu semacam punya arti tersendiri. Saya dulu modelnya tidak banyak ngomong. Apapun motor dan setting, pokokke tak gasss. Termasuk dalam bersikap. Tegas dan cak..cek. Kalau lagi ada masalah, ya saya selesaikan langsung. Urusan belakangnya tidak usah dipikir, itu urusan nanti, “tambah Om Ismu Kozlo saat ngobrol santai dengan penulis di Sirkuit Mandala Krida Yogyakarta.

Oke, salam sehat selalu ya Om. Damai selalu bersama keluarga tercinta dan aktifitas saat ini, amin. BB1 (Ket FOTO : Istmewa/Facebook Ismu Kozlo)

Ini ketika bareng Bima Octavianus, racer era tahun 1990-an hingga 2000-an

 

Saat bareng Dedy Fermadi (tengah) dan Hendriansyah (kanan)

 

Saat bersama BeritaBalap (tengah) dan mekanik Tholey CCP (kanan-t shirt hitam)
Facebook Comments

You May Also Like