Rahasia MX King Tim Yamaha SND Racing, Cukup 28,1 HP, Jawara ARRC 2018 Suzuka !

BeritaBalap.com-Mungkin banyak yang belum tahu atau paham sehubungan spesifikasi pacuan Yamaha MX King 150 pasukan kuning by Yamaha SND Racing yang podium juara kategori Underbone 150 (UB150) saat ARRC 2018 Suzuka, Jepang (2-3 Juni). Dalam hal ini, lewat racer Gupita Kresna.

Maklum saja, banyak media fokus pada podium jawaranya saja. Tidak lebih dari itu. Kalaupun ada rada dangkal informasinya. Diinvestigasi lebih lanjut, tenaga MX King yang dibesut Gupita Kresna ini cukup memiliki 28,1 HP (Horse Power) saja. Itu saat diukur dengan dyno-star milik SND Racing. Jadi harga pas 28,1 HP, tidak lebih dan tidak kurang.

“Yang penting grafiknya Mas, sesuai input pembalap, juga nyaman pada rider sesuai karakter yang diinginkan, “ujar Haji Sandy Agung selaku pemilik tim, merangkap mekanik, merangkap pula pemilik brand SND Racing yang sangat populer di balap tanah air. Merangkap juga pedagang apparel motokros & adventure dan pedagang motor SE (Special Engine) juga. Lengkap pokokke !

Gupita Kresna meraih podium juara UB150 saat ARRC 2018 Suzuka

Pada sisi lain, RPM diplot pada limiter 14.800. Inipun diklaim lebih safety alias aman terkendali dari tradisi hingga RPM 15.000. “Kuncinya jangan ngotot dulu, mas. Jaga kestabilan suhu mesin dahulu. Pintar slip-stream ataupun memisahkan diri sebentar untuk memberikan angin pada mesin. Baru 2-3 lap akhir, bisa di adu, “bangga Gupita Kresna yang sukses meraih yang terbaik dalam akumulasi poin pada 2 race UB150 di ARRC 2018 Suzuka. Terbukti race 1 ke-3, sedang race 2 menjadi juara. Selamat lagi ya !

Oh ya, durasi camshaftnya 264 derajat. Secara logika fokus di tenaga atas. Itu wajib hukumnya. Power atas makin optimal karena Gupita jagonya rolling-speed. Doi sudah pengalaman jawara Asia di era UB130. Paham pula semua handycap lintasan. Makanya berani dengan final gear berat 16-48 di trek Suzuka. Termasuk dukungan spesial rasio custom by pak Lurah Solo (Loaxan).

Tim Yamaha SND Racing, nah Pak Haji Sandy Agung yang tengah sendiri, yang paling muda pokokke…

“Lift klep juga cukup 8,8 mm dengan kombinasi diameter katup 22 dan 19 mm, “beber Haji Sandy Agung yang notabene adalah mantan pebalap nasional di era tahun 2000-an. Sejak masih aktif juga identik dengan tim pabrikan Yamaha. Untuk aliran gas aktifnya dipercaya pada kinerja Throttle Body SYS diameter 32 dengan dukungan injektor Keihin 260 cc.

Yang pasti, soal semburan injektor terbukti kuat dan tahan lama melayani langkah kompresi. Siap melayani berbagai kebutuhan. Dijamin puaskan semua level percepatan ! He he he he. Oh ya, hampir lupa ! Berbagai perangkat seperti klep, camshaft, piston, custom head dan porting, juga cooling system dan knalpot adalah produk SND Racing. Catat dan jangan lupa ya ! SND Racing, jangan yang lain ! BB1  (Ket FOTO : SND Racing & ARRC) 

Facebook Comments

You May Also Like