Ribut Aturan Kurang Detail Sayap MotoGP, Siap Diubah Lagi 2019 !

BeritaBalap.com-Perangkat winglets atau sayap yang menempel pada sisi luar fairing MotoGP memang sudah dilarang pada akhir 2016. Nah saat 2017, pabrikan dalam hal ini para teknisi dengan lihat memindahkan konteks sayap kecil ini ke bagian dalam fairing. Posisinya tertutup.

Tentu saja, semua ini tetap berhubungan dengan downforce atau gaya tekan motor yang lebih baik saat masuk dan keluar tikungan ataupun dalam momen akselerasi. Problemnya, sampai saat ini belum jelas secara detail batasan dari peraturan tersebut. Idealnya, wajib jelas menyangkut dimensi batasan sebuah paket aero (kesuluruhan fairing).

Bahkan versi aeronya Yamaha M1 saat pengujian di Valencia Spanyol dan Sepang Malaysia disebut ilegal alias tidak dibenarkan karena mirip sayap eksternal (luar). Konteks ini yang coba dijelaskan lebih lanjut oleh Danny Aldridge, Direktur Teknik MotoGP.

Danny Aldridge, Direktur Teknik MotoGP sebut bahwa aturan sayap akan dipertegas lagi batasannya

“Jika serat karbon dibuat dari satu potongan, maka tim sebaiknya tidak memasang sambungan untuk membuka beberapa bagian. Jadi sebelum musim balap di mulai di Qatar, maka fakta harus diletakkan bersama di atas meja untuk dibicarakan. Kita perlu tahu dan sepakat, bagian mana yang bisa dilepas atau tidak bisa dilepas, “tegas Danny Aldridge.

Info lebih lanjut memang sedang dirancang aturan yang lebih tegas agar tidak terjadi salah pengertian atau memang sengaja membatasi hal-hal yang sifatnya kontroversial. “Kita harus mendefenisikannya dalam parameter yang tepat. kami ingin mengatur ukuran maksial, lebar, tinggi maksimum dan sebagainya. Untuk 2019, kita mengusulkan dimensi tertentu dimana akan ada pembatasan yang jauh lebih tegas, “tambah Danny Aldridge.

Tentu saja, bicara pengembangan aerodinamika butuh biaya besar. Namun adapula pebalap yang tidak merasa itu penting. Seperti Marc Marquez (Repsol Honda) dan Andrea Dovizioso (Ducati) yang notabene tanpa sayap internal. Termasuk duet Tech3 Yamaha, Johann Zarco dan Jonas Folger.

Kalau Valentino Rossi (Movistar Yamaha) dan Jorge Lorenzo (Ducati) memang merasa lebih baik dengan sayap yang tersembunyi di dalam tersebut. Oh ya, sehubungan aturan MotoGP, maka sebelum seri perdana MotoGP 2018 Qatar, maka masing-masing rider harus menyetor paket Aero yang akan dipakai. Nah, ini boleh diupgrade selama musim berjalan. Tahun lalu (2017), KTM memang dibebaskan sehubungan paket Aero ini karena memang tim pabrikan baru. Tetapi 2018 ini sudah tidak lagi. BB1

Facebook Comments

You May Also Like