Sampai Kapan Rider Moto2 Indonesia Dapat Poin Pertama ? Hanya Doni Tata (2013)

BeritaBalap.com-Sampai dengan berita ini ditulis (20 September 2020), belum ada pembalap Indonesia dalam sekian tahun ini yang berhasil meriah poin pertama dalam balap Moto2.

Baik sejak Dimas Ekky Pratama selama 2 tahun berkompetisi (2018-2019) ataupun yang wild card ataupun pula Andi Farid Izdihar, akrab disapa Andi Gilang yang menjalani full series musim 2020 ini. Masih nol pundi nilainya.

Memang Andi Gilang yang notabene adalah binaan pabrikan Astra Honda Motor (AHM) masih debut atau tahun pertama tetapi debut yang lain sudah bisa poin, bahkan signifikan. Misal Lorenzo Dalla Porta, Aron Canet, Marcus Ramirez dan lainnya. Yang pasti juga, Andi Gilang yang pernah balap FIM CEV Moto3 ataupun FIM CEV Moto2 mengenal cukup lama trek-trek di Spanyol.

koizumi

Sekilas informasi saja, petarung Indonesia yang pernah meraih poin di balap Moto2 ialah Doni Tata Pradita. Jadi Doni Tata Pradita di musim 2013 saat membela tim Federal Oil Gresini Racing meraih poin (1) saat putaran Phillip Island Australia dengan finish ke-15. Saat itu, podium juaranya diraih Pol Espargaro.

Hasil akhirnya Doni Tata, ada di posisi ke-29 dengan pundi nilai yang sama dengan peringkat ke-28 milik Hafizh Syahrin. Selebihnya memang banyak racer tanah air yang sudah tampil sebagai wild-card ataupun full-series di kompetisi Moto2 tetapi tidak dapat ataupun belum juga meraih poin.

Diantaranya ada nama Rafid Topan, Dimas Ekky Pratama, Gerry Salim dan Andi Gilang. Tahun 2018-2019 lalu, Dimas Ekky ikut berkompetisi penuh, sedangkan musim 2020 ini dilakoni Andi Gilang.

Sekilas informasi lagi,  kalau bicara petarung Asia Tenggara, maka Ratthapark Wilairot (Thailand) yang pertama merebut poin Moto2 di tahun 2011 dengan pacuan FTR. Itu hasil dari finish ke-11 di Jerez, Spanyol. Di awal-awal memang rider Malaysia belum menonjol. BB1 (Ket FOTO : Idemitsu Honda Team Asia)

Hasil Juara Moto2 Misano :

 

Klasemen Sementara Moto2 :

Facebook Comments

You May Also Like