Sempat Jadi Musuh GP125 (1997), Legenda Jepang ‘Noboru Ueda’ Kasih Pujian Rossi

BeritaBalap.com-Menarik pengakuan salah satu legenda balap Jepang, Noboru Ueda yang pernah bertarung ketat dengan Valentino Rossi di GP125. Bahkan diklaim sebagai lawan terberat The Doctor yang di masa tersebut mengusung tim Aprilia.

Saat itu, Nobby, sapaan akrabnya berusia sekitar 30 tahunan, sedang Rossi masih 19 tahun.  Itu di GP125 tahun 1997 dan Nobby sukses sebagai runner-up GP125 seperti juga di tahun 1994. Bagaimana komentar Nobby yang punya ciri berkacamata tentang sosok Rossi ?

“Dia itu harimau muda, lawan yang sangat tangguh dan sangat muda. Meski begitu, dia sangat profesional, saya bangga daat bertarung dengannya dan dapat mengalahkannya dalam beberapa kali balapan, “ujar Nobby yang sukses meraih 39 kali podium dengan 13 kali podium juara. Nobby sendiri menjalani karir balapnya sejak tahun 1991 dan mundur tahun 2002.

koizumi
Noboru Ueda (Tengah) saat podium juara GP125

Saat ini, Nobby berusia 50 tahun (lahir 23 Juli 1967) dan aktifitasnya ialah memanage timnya di balap All Japan Championship (AJC) keas J-GP3. Lebih lanjut, Nobby punya kenangan khusus dengan Rossi saat GP Jepang (1997) dimana Nobby harus start dari area pit-lane karena mengalami problem mesin.

“Jadi saat pertengahan balapan, saya sampai pada grup depan dan tarung dengan Valentino. Setelah melalu chicane, dia melihat sekeliling, saya menempel roda belakangnya, sangat sulit untuk mengalahkan Valentino. Pada tahun 1997 dia menang dalam 11 balapan, sisanya saya yang menang. Saya bangga bisa melawannya, “tambah Nobby yang sempat mengalami cedera serius pada tahun 1998 saat lengan kanannya cedera dan selama 6 bulan tidak dapat digerakkan. BB1 

Facebook Comments

You May Also Like