Siapa Yang Unggul Mobil F1 Vs MotoGP ? Tidak Ada Yang Dominan, Ini Datanya

BeritaBalap.com-Menarik untuk mengetahui perbandingan perfoma dari mobil balap Formula One (F1) yang diklaim punya tenaga hingga 1000 HP (Horse Power) dan motor MotoGP dengan tenaga 300-340 HP.

BACA (JUGA) : Marquez Sadar Diri Bisa Dikalahkan Rekan Setimnya Yang Lebih Muda 5 Tahun

Sampai disini, jangan berpendapat dengan hanya berpatokan pada angka Horse Powernya ya karena ada beberapa perbedaan yang signifikan. Mulai bobot motor MotoGP yang jauh lebih ringan cukup 157 kg. Jika dengan pembalap seputar 227 kg, sedangkan mobil F1 jauh lebih berat hingga sekira 798 kg termasuk driver pengemudi.

koizumi

Lebih lanjut dipahami, ternyata diantara keduanya tidak ada yang dominan. Maksudnya dalam berbagai konteks pengukuran, maka tidak ada yang selalu menang. Kita anggap saja hampir sama untuk berbagai kondisi. Demikian data dilansir dari media Italia Tuttomotoriweb.

BACA (JUGA) : Marquez Ungkap Ia Sengaja Tidak Bantu VR46 Raih Juara Dunia MotoGP 2015

Kita mulai perbandingannya, untuk top speed atau kecepatan puncak MotoGP adalah 363,6 Km/Jam oleh Jorge Martin (Johann Zarco) saat di MotoGP 2022 Mugello Italia. Untuk pacuan F1, terbukti lebih tinggi mencapai top speed sampai dengan 372 Km/Jam saat race dan 378 Km/Jam dalam sesi latihan.

Bagaimana dengan waktu akselerasi ? Untuk 0 hingga 100 km/jam hampir sama sekitar 2,5 detik. Tetapi untuk 0 menuju 200 km/jam, itu motor MotoGP lebih cepat setengah detik. Tetapi buat waktu akselerasi dari 0 sampai 300 km/jam, itu mobil F1 lebih unggul 1 detik. Juga di tikungan dimana mobil F1 lebih cepat. BB1

Facebook Comments

You May Also Like