Spek Mesin MX King Agus Kempul Jawara MP1 Lokal Jateng Walau Bobot 63 Kg

BeritaBalap.com-Mantap ! Pacuan Yamaha MX King Agus ‘Kempul’ Setiawan yang digarap mekanik Wawan Abakura sukses meraih podium juara dalam kelas MP1 (150 cc0 Lokal Jateng, itu dalam gelaran Casytha Manahadap Road Race 2021 di Sirkuit Mijen Semaranf, Sabtu (27 Nov).

Menarik untuk mencermati set-up motor ketika mencermati bobot tubuh Agus ‘Kempul’ Setiawan yang menembus 63 Kg. Konteks ini yang penulis tanyakan solusinya kepada tuner asal Solo, Wawan Abakura. Terlebih bicara solusi dalam momen top speed.

“Untuk pemecahan masalah dengan berat badan pembalap, maka saya mengatur ulang grafik pengapian pada rentang RPM 13 ribu hingga 15 ribu. Intinya, tidak dibuat turun drastis. Relatif rata, namun memang pembalap harus bisa menjaga RPM di angka minimal 8000-9000, “terang Wawan Abakura yang menyebut tenaga MX King ini mencapai 26 HP (Horse Power). Itu dengan dyno-test milik pribadi di bengkel Abakura Solo.


Wawan Abakura atur ulang mapping grafik pengapian sesuai kebutuhan dan efektifitas

Oh ya, sesuai data logger, maka RPM bermain hingga 15.100. Tidak ada masalah. Terbukti semua partnya kuat dan tahan lama ya. Tentu saja, semua sudah ditest-case Wawan Abakura yang pada awalnya snagat populer di dunia dragbike ketika era FU bore-up 200 menjamur ataupun FFA.

“Kalau angka AFR untuk cuaca begini, saya patok 12,1. Ini tidak berubah sejak awal latihan, “tambah Wawan Abakura yang mengaplikasi Throttle body 33 mm by SYS dan mematok perbandingan final gear 14-50. Bb1

 

 

Facebook Comments

You May Also Like