Spesial Journalist Test Drive, Ini Dia Penampakan Toyota All New Prius PHEV Gen-3

BeritaBalap.com- Masuk dalam Multi Pathway Strategy dari PT. TAM dalam mengenalkan line up mobil elektrifikasi-nya, Toyota All New Prius PHEV Gen-3 ini adalah salah satu andalannya. Sempat dipamerkan di gelaran GIIAS 2024 lalu, Toyota All New Prius PHEV ini sebenarnya belum secara resmi dijual di Indonesia. Dalam salah satu agenda event Eco Journey Journalist Test Drive Electrification Line Up 2024 yang dihelat oleh PT. TAM Rabu (28/08) di JEC Yogyakarta kemarin portal BeritaBalap.Com menjadi salah satu dari sekian banyak media nasional yang diundang untuk menjajal Toyota All New Prius PHEV Gen-3 ini.

All New Prius PHEV (Plug-in Hybrid Electric Vehicle) dengan Dynamic Force Engine M20A-FXS berefisiensi tinggi dengan kapasitas 2.000 cc 4-silinder, sanggup menghasilkan tenaga 152 PS bersama motor listrik bertenaga 163 PS, sehingga didapatkan tenaga total pada sistem sebesar 223 PS dan torsi 190 Nm. Akselerasi 0-100 km/jam tuntas dalam waktu 6,7 detik saja. Diatas adalah klaim PT. TAM melalui rilisnya.

koizumi

Salah satu ciri khas dari PHEV adalah sistem elektrifikasi-nya bisa memungkinkan pengisian baterai dengan cara charging port langsung seperti mobil listrik atau BEV (Battery Electric Vehicle) namun juga bisa menggunakan mesin untuk pengisian baterai seperti HEV (Hybrid Electric Vehicle). Alhasil dengan keunggulan dua sistem charging seperti ini, All New Prius PHEV Gen-3 ini diklaim bisa memakai fitur EV Mode atau murni memakai penggerak motor listrik hingga jangkauan 70-80 Km.

Fitur canggih lainnya adalah Regeneration Boost yang memberikan deselerasi lebih kuat dan energy recovery lebih besar. Driver dapat memilih salah satu dari tiga mode regenerasi yakni; gentle, medium dan strong. Fitur inilah yang jadikan sensasi driving experience semakin terasa. Regeneration Boost ini jika dirasakan seperti “engine brake” pada mesin konvensional, yang dimana pengurangan kecepatan hingga sekitar 80% dicapai tanpa perlu menginjak pedal rem.

Dengan lintasan test drive bervariasi mulai dari zig-zag, U turn, Chicane, lalu tikungan patah 90 derajat BeritaBalap.Com sangat bisa merasakan keunggulan dari regeneration Boost ini dimana akselerasi stop & go tidak perlu menginjak pedal rem terlalu dalam bahkan cukup sekali sentuh dari ujung telapak kaki saja All New Prius PHEV ini sudah bisa diajak bermanuver. Juga saat lepas dari setiap menginjak sudut apex, akselerasi All New Prius PHEV sanggup diajak bermain agresif. dnr

Facebook Comments

You May Also Like