Suzuki Hayabusa Tidak Dijual di Eropa, Efek Regulasi Euro 4 & Penjualan Turun

BeritaBalap.com-Suzuki GSX 1300 Hayabusa yang sangat legendaris dan telah diproduksi selama 20 tahun, tidak akan dijual di benua Eropa. Apa sebab ? Karena memang adanya regulasi Euro 4 yang wajib mengubah sistem pembuangan bahan bakar pada mesin hingga wajib lebih ramah lingkungan.

Konteks yang harus meriset ulang mesin ini tidak sebanding dengan penjualan. Alhasil, untuk Hayabusa terbaru hanya dijual di USA dan beberapa negara  di luar Eropa. Sekilas informasi saja, Hayabusa terbaru memiliki tenaga hingga 197 HP (Horse Power) pada RPM 10.100 dengan torsi spesial hingga 138 nM pada RPM 7600.

Tenaga dan torsinya Hayabusa memang luar biasa karena memang identik buat penggemar kecepatan. Diklaim enteng mencapai top speed 300 km/jam. Oh ya, di USA, Suzuki Hayabusa cukup dijual dengan harga 14.799 dollar atau sekitar Rp. 200 juta-an. Faktanya memang pajak barang impor mewah di Indonesia dikenai pajak yang sangat tinggi. Harga jadi melambung tinggi.

koizumi

Lebih lanjut dipahami, kondisi Euro 4 memang membuat beberapa produk di Eropa harus diskontinu. Tidak diproduksi lagi karena memang penjualan yang diberikan tidak sebanding dengan biaya riset yang harus dilakoni untuk memenuhi aturan Euro 4. Salah satu contoh ialah Honda CBR 600RR terbaru yang sudah tidak ditemui lagi. BB1

Facebook Comments

You May Also Like