Tahukah Anda Ada 360 Ton Logistik Tiap Seri MotoGP, Untuk Asia Diangkut 4 Pesawat Kargo Boeing 747

Beritabalap.com-Mungkin banyak yang belum tahu, bagaimana kerja Dorna selaku promotor penyelenggara MotoGP sehubungan jumlah barang dan langkah pengangkutan yang dilakukan dalam setiap seri MotoGP. Ini mulai berjalan sejak 1992, tahun sebelumnya ditangani tim sendiri-sendiri.

Jadi ada total seberat 360 ton alias 360 ribu kg barang yang diangkut di gelaran MotoGP. Wow…  begitu banyaknya. Rinciannya, sekitar 115 hingga 120 ton material diluar tim, sedang yang 230 ton adalah milik tim, pemasok dan mitra sponsor.

Akan semakin merepotkan ketika seri berlangsung di Motegi Jepang, Phillip Island Australia dan Sepang Malaysia yang berturut-turut di bulan Oktober. Untuk hal ini, tersedia 4 pesawat Boeing 747 khusus kargo dengan muatan keseluruhan 700 kotak transportasi dan 200 krat milik Dorna.

koizumi

Mereka diangkut oleh sekitar 45-50 truk. Bicara jarak, kalau di Eropa diangkut dengan total jarak tempuh 15 ribu km selama satu musim, sementara dengan traspostasi udara menuju Qatar, Argentina, Texas, Jepang dan Australia serta Malaysia memiliki perjalanan udara sepanjang 70 ribu km. So, yang di luar Eropa memang lebih memberatkan, baik waktu ataupun biayanya. BB1

Facebook Comments

You May Also Like