Terkesan Jajal Mobil Formula One (F1), Dani Pedrosa : Lebih Cepat Dari MotoGP, Seperti Jet !

BeritaBalap.com-Setelah sebelumnya Marc Marquez yang menjajal mobil Formula One (F1), maka kemarin (7 Juni) adalah giliran Dani Pedrosa menguji pacuan jet darat di Sirkuit Red Bull Ring Austria. Dalam hal ini, milik tim Toro Rosso yang notabene adalah pasukan juniornya tim Red Bull Racing.

Anyway, kegiatan ujicoba F1 ini memang diprakarsai minuman Red Bull yang menjadi sponsor duet racer tersebut. Pastinya pengalaman pertama ini, begitu menyenangkan bagi Dani Pedrosa.

“Saya sangat menyukainya, saya benar-benar sangat senang dan tidak akan pernah melupakan hari ini, “ujar Dani Pedrosa yang sudah memastikan dirinya akan pensiun dalam musim MotoGP 2019 dan kabarnya akan diberitakan resmi saat rangkaian MotoGP Catalunya, Spanyol nanti (14-17 Juni).

koizumi
Dani Pedrosa saat menjajal mobil F1 di trek Red Bull Ring Austria

Lebih detail soal pengalamannya, Pedrosa yang berusia jelang 33 tahun memberikan kesan dan perbandingan antara pacuan F1 dan MotoGP.

“Jika saya harus membuat perbandingan, saya akan mengatakan bahwa mobil Formula One mirip dengan jet, terbukti sangat cepat dan melekat di permukaan tanah. Kalau motoGP seperti naik kuda, terus bergerak dan anda harus menggunakan tubuh Anda untuk menyeimbangkan, sangat penting untuk memahami bagaimana sensasi kecepatan berbeda antara mobil dan motor, ”terang Dani Pedrosa.

Fakta datanya memang jauh lebih cepat mobil F1. Bisa dibandingkan saat kualifikasi untuk sirkuit yang sama-sama dipakai F1 dan MotoGP. Ini data di musim 207. Seperti di trek Austin, USA dimana Lewis Hamilton (Mercedes) mengukir best-time 1 menit 33,108 detik, sedangkan di MotoGP dengan torehan 2 menit 2,741 detik (Marc Marquez).

“Hal yang paling sulit adalah benar-benar cepat saat melalui tikungan karena anda tidak berpikir dapat melaju secepat itu ketika melalui sudut-sudut sempit, butuh waktu bagi pikiran kita untuk memahami batasnya. Yang pasti, sensasi di setir F1 itu fantastis, seperti pula bekerja dengan orang-orang di paddock. Saya sangat terkesan dengan performa mobil dan saya sangat menikmatinya, “tambah Dani Pedrosa. BB1

Facebook Comments

You May Also Like