Terungkap Efek Samping M1 Ketika Top Speednya Naik Drastis

BeritaBalap.com-Top speed atau kecepatan puncak Yamaha M1 diklaim meningkat signifikan. Saat pengujian di Sepang Malaysia menorehkan 335,4 Km/Jam. Beda tipis sekira 2 km/jam dari Ducati yang 337,5 km/jam). Jadi tidak berbeda relatif jauh seperti musim lalu yang berkisar antara 10-13 Km/Jam.

BACA (JUGA) : Aprilia Bisa Langsung Podium Walau Tidak Punya Lagi Hak Konsesi ? Saat KTM Butuh Waktu

Namun ada pekerjaan serius yang harus dilakukan teknisi Yamaha. Maksudnya sehubungan efek peningatan top speed tersebut. Misal soal keseimbangan ataupun tidak optimal saat menggunakan ban tipe lembut. Pengiriman daya ataupun torsi disebut lebih gahar. “Di bagian akhir fase akselerasi, mesin lebih agresif dari sebelumnya, ”timpal. Franco Morbidelli yang kontraknya akan selesai akhir tahun 2023 ini.

koizumi

Konteks ini yang akan menjadi perhatian serius dalam pengujian terakhir di Portimao Portugal. Lebih tepatnya sebelum dilakukan pembekuan mesin dan aerodinamika, itu hari kamis sebelum latihan bebas seri pertama di MotoGP Portimao. Diakui pula oleh Fabio Quartararo bahwa ia belum sempat berkomunikasi dengan Morbidelli pasca tes Sepang.

BACA (JUGA) : Langsung Jos ? Ini Hasil Mantan Rider MotoGP Remy Gardner Dalam Tes WorldSBK Phillip Island

“Saya pikir yang penting adalah mendapat umpan balik dari kedua pebalap. Saya belum berbicara dengan Franco, tetapi saya pikir di beberapa area kami merasakan peningkatan atas apa yang kami alami bersama. Saya harap kami berdua akan memiliki komentar yang sama untuk memiliki dasar yang bagus, ”tutur Fabio Quartararo yang menargetkan untuk kembali meraih juara dunia MotoGP setelah musim 2021.

BACA (JUGA) : Jadi Sponsor Utama Tim RNF Aprilia, Berapa Milyar Dana Yang Dikucurkan CryptoDATA ?

Yamaha sendiri menggunakan dua model aerodinamika dalam pengujian di Sepang yang berlangsung 3 hari. Satu dengan sayap datar besar menonjol dari area asupan udara baru. Sayap sidepod juga terletak lebih tinggi di fairing samping dan tampaknya ukurannya sedikit lebih besar, untuk menciptakan lebih banyak downforce atau gaya tekan. Paket aero lainnya memiliki sayap samping yang sama, tetapi bagian atasnya berlapis ganda. Tidak diragukan lagi dengan misi menciptakan lebih banyak downforce.  BB1

Facebook Comments

You May Also Like