Terungkap Kenapa VR46 Tidak Pernah Balap Pakai Suzuki Setelah Geber Honda, Yamaha dan Ducati

BeritaBalap.com-Valentino Rossi itu pernah balapan dengan Honda di awal karirnya dan juga meraih juara dunia GP500 dan MotoGP (2001-2003), kemudian pernah pula Yamaha M1 (2004, 2005, 2008, 2009) dimana menjadi puncak karirnya berdasarkan tingkat keseringan meraih juara dunia MotoGP dan juga bersama Ducati (2011-2012). Jadi sudah 3 kali mencicipi 3 merek motor.

BACA (JUGA) : Bos Besar Aprilia Inginkan Pembalap Asal Italia, Ini Kebanggaan Tersendiri, Siapa ?

Pertanyaannya, kenapa tidak pernah balapan dengan Suzuki ? Ini yang menarik diungkap karena sebetulnya hampir pernah terjadi. Konteks ini yang diungkap Davide Brivio, mantan manajer tim Suzuki Ecstar yang sebelumnya juga menjadi manajernya The Doctor.

koizumi

“Kita harus kembali ke tahun 2012, ketika saya bekerja dengan Valentino, saya meninggalkan Yamaha pada akhir musim 2010, begitu pula dia. Suzuki pensiun dari MotoGP pada akhir 2011, tetapi di paddock diketahui bahwa mereka ingin pensiun pada akhir 2010. Lalu pada 2011 mereka datang dengan motor hanya untuk memenuhi kontrak dengan Dorna,”terang Davide Brivio yang dilansir dari Speedweek.

BACA (JUGA) : Kenapa Bos Ducati Inginkan Bagnaia Pecco Pakai Nomor Start 1 ?

“Pengumuman resmi penarikan mengatakan Suzuki ingin kembali, jadi semua orang di paddock tahu ceritanya belum berakhir. Tapi pada saat itu saya pasti tidak berpikir bahwa saya harus berurusan dengan Suzuki dalam waktu dekat, “tambah Davide Brivio yang saat ini beraktifitas di balap Formula One (F1), tepatnya sebagai Direktur tim Alpine F1.

Kemudian VR46 memutuskan pindah dari Yamaha ke Ducati. Juara dunia 9 kali tersebut bertahan selama 2 tahun dengan hasil yang tidak memuaskan. Perfoma Ducati memang belum seperti sekarang ini. Banyak masalahnya. Seiring berjalan waktu, kembali Suzuki berproses untuk mendapatkan Rossi.

VR46 saat bersama Davide Brivio

“Pada awal 2012, bos Suzuki MotoGP Shinichi Sahara menghubungi saya. Dia berkata, ‘Kami benar-benar ingin kembali dan kami ingin kembali pada 2014, jadi saya ingin tahu apakah Valentino tertarik untuk menjadi bagian dari proyek ini”.

“Saya memberi tahu Valentino karena saya tahu kontraknya dengan Ducati berjalan hingga akhir 2012. Dia mengatakan kepada saya bahwa dia membutuhkan motor untuk 2013, bukan 2014, jadi dia tidak sabar menunggu Suzuki. Dan itulah yang saya katakan kepada Shinichi Sahara : ‘Terima kasih atas minat Anda, tetapi tidak ada yang bisa kami lakukan, “tukas Davide Brivio. BB1

Facebook Comments

You May Also Like