Tidak Mau Malu ! Pol Espargaro Ingin Honda Dapat Konsesi Tahun 2022

BeritaBalap.com-Pol Espargaro mengaku senang jika Honda mendapat hak konsesi di tahun 2022. Artinya, hak untuk pengujian, wild-card dan jumlah mesin yang boleh dipakai, maka lebih baik dari tim-tim yang tidak punya hak konsesi.

Bagi Pembalap tim Repsol Honda ini, tidak perlu malu jika memang memperoleh hak konsesi sebagai tim yang kurang prestasi. Terpenting baginya bisa melakukan riset mendalam dan pada akhirnya Honda RC213V bisa kompetitif dibanding saat ini yang belum juga podium sampai dengan 6 seri yang sudah berjalan.

“Saat ini saya tidak malu untuk dapat mengambil manfaat dari konsesi, memang itu akan berguna. Memang benar Honda mewakili sebuah pabrikan yang dianggap sebagai elit motor sport, yang menginvestasikan banyak uang dalam proyek MotoGP, tetapi kami harus tumbuh dan berkembang, ”ujar Pol Espargaro yang start ke-12 di MotoGP Catalunya.

koizumi

BACA (JUGA) : Hasil Lengkap Kualifikasi MotoGP, Moto2, Moto3 Catalunya

“Tahun ini, saya memulai musim dengan hanya 5 hari pengujian, yang tidak berarti apa-apa dan motornya tidak berada di level yang lain. Untuk 2022, hari-hari yang diizinkan di trek akan selalu sama dan ini bisa menghukum kami lagi. Seperti yang disebutkan, jika kami memiliki konsesi, kami dipersilakan, tidak ada rasa malu,  ”tambah Pol Espargaro.

Bagaimana dengan pendapat Marc Marquez ? Ternyata Marquez masih pede, bisa mempersembahkan podium untuk Honda di seri-seri akhir tahun. Jadi juara dunia MotoGP 2019 tersebut tidak berharap konsesi di musim 2021.

“Saya harap kami tidak memilikinya, itu berarti telah membuat podium dan mungkin kemenangan pada akhir tahun. Keuntungan untuk masa depan memang akan menyenangkan, tetapi saya tidak berpikir kita akan memilikinya, “timpal Marc Marquez yang mengawali perjalanan balap dari starting grid ke-13 di Catalunya.

Bicara hak konsesi, sebetulnya Honda memperoleh tahun 2021 ini, karena secara poin konsesi hanya mendapat 6 poin saja di tahun 2020 dimana Alex Marquez dua kali meraih podium runner-up.

Secara regulasi minimal 7 poin untuk wajib lolos konsesi yang berarti honda tidak memenuhi dan punya hak konsesi di musim 2021. Tetapi karena kondisi pendemi covid-19 yang memang melarang pengembangan mesin, maka peraturan tersebut tidak diterapkan. BB1

Hasil Kualifikasi MotoGP Catalunya :

Facebook Comments

You May Also Like