Vinales Kena Penalti Karena Halangi Quartararo (Q2), Turun 3 Posisi, Starting Grid ke-6

BeritaBalap.com-Starting grid atau posisi start pada barisan depan dan ke-2 dalam MotoGP 2019 Catalunya, Spanyol, Minggu (16 Juni) siap berubah. Demikian menyusul hukuman penalti yang harus diterima Maverick Vinales (Monster Energy Yamaha) dalam sesi kualifikasi ke-2 (Q2).

Vinales disebut menghalangi karena dalam posisi lamban saat Q2. Rider usia 23 tahun asal Spanyol ini memang memperlambat laju motornya untuk menyapa penonton alias penggemarnya, namun saat bersamaan dari belakang ada Fabio Quartararo (Petronas Yamaha SRT) yang berupaya mempertajam best-timenya.

koizumi

Pebalap 20 tahun tersebut harus rela mengerem untuk menghindari insiden. Konteks ini yang menuai protes dari Quartararo. Sebelumnya, berdasarkan hasil Q2, maka Vinales ada di posisi ke-3 dibelakang Fabio Quartararo (Petronas Yamaha SRT) dan Marc Marquez (Repsol Honda). Namun dikarenakan hukuman penalti tersebut, maka Vinales diturunkan 3 posisi hingga berada di posisi start ke-6.

Morbidelli yang sebelumnya ada starting grid ke-4, siap naik ke urutan ke-3. Vinales sendiri akan berada di barisan ke-2 bersama rekan satu timnya, Valentino Rossi dan Andrea Dovizioso (Ducati). Diberitakan lebih lanjut, bahwa tidak ada masalah serius diantara mereka karena kemudian mereka berkomunikasi di paddock tim.

Vinales juga memohon maaf atas kejadian ini dan terlihat memposting turunnya posisi startnya pada akun medsos pribadi. Pastinya, jelas dan tegas berbeda dengan kasus duet tim Repsol Honda, Marc Marquez dan Jorge Lorenzo dalam latihan bebas ke-3 (FP3) dimana Marquez terlihat begitu emosional saat lajunya terhalang Lorenzo. BB1

Facebook Comments

You May Also Like