Winglet Swingarm Seperti Ducati Tahun Depan Wajib Dihomologasi

BeritaBalap.com – Masih ingat kasus seri 1 GP Qatar yang membuat heboh. Saat itu Ducati mengadopsi winglet swingarm yang menurut beberapa tim merupakan perangkat aerodinamika. Waktu itu kasus tersebut berujung ke pengadilan dan dimenangkan kubu Ducati.

Setelah dilegalkan, beberapa tim termasuk Aprilia pada akhirnya menggunakan perangkat winglet swingarm dibeberapa seri.

BACA (JUGA) : Musim 2020 Winglet Fleksibel Dilarang

koizumi

Nah, musim 2020 winglet swingarm yang digunakan Ducati awal musim ini, juga termasuk perhatian pada aturan aerodinamika. Winglet swingarm masih tetap legal namun akan masuk homologasi motor.

“winglet swingarm tahun depan masih legal, tetap musim depan akan masuk menjadi bagian yang dihomologasikan,” jelas Corrado Cecchinelli, MotoGP Director of Technology.

BACA (JUGA) : Marquez Punya Permintaan Ke HRC Soal RC213V 2020, Apa Itu?

Artinya, “Jika satu pabrikan/tim mengubah desain swingarm winglet, termasuk jika melepas sepenuhnya, itu akan dihitung sebagai satu pembaruan untuk musim ini pada bagian itu. Dan itu akan dilarang,” lanjut Cecchinelli.

Dalam hal ini winglet swingarm yang diaplikasi Ducati, bukan hanya sekadar pendingin ban, melainkan dianggap sebagai perangkat aerodinamika. Jadi di awal musim sudah harus didaftarkan, apakah akan digunakan selama musim tersebut atau tidak. WIC

Facebook Comments

You May Also Like