Wow ! Terjadi 117 Kali Crash di Le Mans, Dorna Siap Pindahkan Tanggalnya ?

BeritaBalap.com-Rekor terbanyak terjadi kecelakaan. Mengacu data, terbukti berlangsung 117 kali crash. Itu yang tercatat dalam balap MotoGP, Moto2, Moto3, MotoE dan Northern Talent Cup di Sirkuit Le Mans Perancis, akhir pekan kemarin (16 Mei).

Efek temperatur aspal yang rendah, ditambah kondisi basah yang pastinya membuat daya cengkeram ban minim, maka banyak pembalap yang tergelincir. Terlebih di tikungan ke-3. Area yang banyak kejadian yang terjatuh.

BACA (JUGA) : Waduh ! Marc Marquez Akui Tidak Target Juara Dunia Tahun Ini


Demikian kondisi yang kemudian menjadi bahan diskusi Komisi Keselamatan FIM untuk dievaluasi ulang, termasuk jika memang ada pergeseran tanggal pelaksanaan.

Diusulkan untuk ditunda beberapa minggu dengan opsi ditukar dengan schedule Mugello Italia. Oh ya, saat raceday Minggu, juga dilakukan penundaan sekira 40 menit tetapi inipun bukan dianggap solusi yang signifikan.

Sebetulnya, problem Le Mans yang banyak crash, juga terjadi di musim 2020. Ada sekitar 100 kali crash. Sebagai gambaran saja, pada hari Jumat terdapat 44 kali crash (musim 2020 tercatat 28 kali), kemudian 21 crash untuk Moto3 dan 13 terjadi di Moto2 dan 10 kali di MotoGP. Ingat, itu hanya untuk Jumat.

BACA (JUGA) : Marc Marquez Sebut Balapan Sulit Untuk 2 Seri Kedepan

Lanjut pada hari Sabtu yang terdapat 33 kali crash, ini terjadi 17 di Moto3, 6 Moto2 dan 9 MotoGP. Kemudian pada Hari Minggu dengan 40 crash, mencakup 12 kali di Moto3, 17 crash di Moto2 dan 11 di MotoGP.

Sebagai pembanding saja, dalam putaran sebelumnya di Jerez Spanyol, cukup sedikit ialah 67 crash, lalu Portimao Portugal yang 47 crash, seterusnya seri Qatar 1 (37) dan Qatar 2 (27). BB1

 

 

 

Facebook Comments

You May Also Like