Wow… WSBK Misano Aprilia Gunakan RSV4 FW Terbaru, Ada Sayap Ala MotoGP !

BeritaBalap.com-Dalam waktu dekat, dipastikan tim Aprilia akan menurunkan motor terbaru di kompetisi superbike dunia (WSBK 2018), yaitu tipe RSV4 FW yang sudah diperkenalkan dalam event EICMA Motorcycle Show pada November 2017 lalu.

Yang menarik, bahwa ini adalah motor pertama yang diproduksi dengan menggunakan winglets alias sayap ala MotoGP. Maksudnya, sayap kecil pada kedua fairing yang disebut memiliki fungsi untuk menambah gaya tekan (downforce). Perlu diketahui, bahwa balap superbike memang menggunakan motor yang diproduksi massal. Bukan prototype seperti di strata MotoGP.

RSV4 FW sendiri dihadirkan dalam 4 varian, yaitu R-FW Stock1, R-FW Stock2 dan R-FW SBK. Model sayap disebut punya harga lebih tinggi hingga 1000 dollar dibandingkan yang standar. Oh ya semuanya dibawah angka harga 40 ribu euro alias sekitar Rp. 670 juta. Itu sesuai aturan motor yang bisa dipakai dalam WSBK.

koizumi

Nah, untuk syarat utama agar dapat digunakan, bahwa motor tersebut harus terjual 125 unit, sedangkan agar memperoleh poin wajib 250 motor. Menurut kabar, tim Aprilia akan menggunakannya saat seri WSBK 2018 di Misano, Italia nanti (7 Agustus).

Lebih lanjut dipahami, keputusan ini diklaim sebagai bukti keseriusan Piaggio Group dalam melakukan segalanya untuk memastikan bahwa pembalap pabrikan, Eugene Laverty dan Lorenzo Savadori akan menjadi peserta full-series dan mendapatkan poin kejuaraan.

Faktanya memang Aprilia sedang dilanda kebingungan dengan keputusan mereka yang kedepan akan memilih fokus ke balap MotGP. Terkecuali jika memang menemukan tim pelanggan yang sanggup membayar biaya operasional balapan. Isunya Miwaukee yang selama ini bersama Aprilia merasa kurang puas dan sedang bernegosiasi dengan BMW dan Suzuki. BB1

Facebook Comments

You May Also Like