WSBK 2020 Makin Seru ? Motor Tim Satelit Sama Dengan Pabrikan

BeritaBalap.com-Motor tim satelit alias non pabrikan kewalahan menghadapi tim pabrikan. Regulasi saat ini (sejak 2012) diklaim sudah terlalu melebar untuk kudabesi yang diproduksi massal tersebut. Konteks ini yang kemudian menjadi perhatian Dorna untuk dibuat sama pada musim 2020.

Oh ya, tahun depan (2019), akan ada 5 tim pabrikan yang berpartisipasi, yaitu BMW, Ducati, Honda, Kawasaki dan Yamaha. Disamping itu ada pula tim satelit seperti Barni dan SMR Ducati, kemudian GRT Yamaha dan Puccetti Kawasaki serta lainnya. Nah, di masa depan, Dorna selaku pihak penyelenggara menginginkan agar motor mereka sama dengan pabrikan.

Alhasil, persaingan menjadi lebih kompetitif dan membuka peluang tim non-pabrikan untuk naik podium. Faktanya selama ini sangat langka terjadi. Selalu didominasi pasukan pabrikan.

koizumi

“Kami bekerjasama dengan pabrikan untuk memastikan bahwa semua tim akan segera menerima paket balap yang lengkap dari pabrikan, “ujar Direktur Olahraga SBK, Gregorio Lavilla dalam wawancara dengan media asal Jerman, Speedweek.com. Pastinya, kondisi ini sangat penting untuk direalisasi. Tetap saja ada perbedaan perfoma motor pabrikan dan non pabrikan.

“Tahun ini, hanya dua pabrikan yang melakukannya, yang lain hanya menyediakan sebagian saja. Di dunia yang ideal, tim harus mengurus logistik, mekanis, perlengkapan dan teknologi yang sepenuhnya disediakan oleh pabrikan. Motor telah mencapai tingkat yang tinggi hari ini, itu tidak seperti dulu lagi. Meskipun sepeda motor sekarang secara teknis lebih dekat dengan mesin standar daripada sebelumnya, mereka jauh lebih matang daripada Superbike terbaik yang pernah ada. Kami ingin solusi yang dijelaskan untuk 2019, pabrikan meminta kami lebih banyak waktu. Mereka memeriksa apakah mereka bisa melakukannya untuk tahun 2020, “tutur Gregorio Lavilla yang juga mantan petarung superbike di tahun 1994-2009.

“Secara historis, di kejuaraan dunia Superbike, tim telah melakukan banyak hal dengan motor itu sendiri, tetapi waktu telah berubah. Dan saya tidak hanya berbicara tentang elektronik. Hal-hal kecil seperti muffler belakang atau kopling hari ini dapat membuat perbedaan besar dalam hal pengiriman daya atau kurva torsi. Setiap se-per-sepuluh detik adalah penting. Jika semua tim pabrikan memiliki motor yang sama, maka itu akan membuat pekerjaan mereka lebih mudah dan kinerja antara tim lebih merata, “tambah Gregorio Lavilla yang berkebangsaan Spanyol. BB1

Facebook Comments

You May Also Like